VIRALNYA kejadian luar negeri, lalu beredar di Indonesia, harus disikapi dengan hati-hati. Bisa saja itu informasi palsu. Misalnya, narasi disertai video yang menyebut hujan cacing di Tiongkok. Padahal, dari hasil penelusuran jelas bukan hujan cacing, melainkan bunga yang berguguran di musim semi.

’’Hujan cacing di China 12 Maret 2023. Cacing ini tidak jelas berasal dari mana,’’ begitu keterangan dalam video.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun TikTok HZAC_NEWS. Menurut informasi, fenomena itu sudah dua hari terjadi di sana. ’’Sudah dua hari, warga di China, lebih tepatnya di Provinsi Liaoning, diperingatkan untuk membawa payung jika keluar rumah,’’ begitu keterangannya (s.id/HujanCacing).

Tidak ada sumber resmi yang disertakan dalam informasi tersebut. Benda yang diklaim sebagai cacing itu hanya berada di atas mobil dan sekitarnya. Sementara itu, di seberang jalan tidak ada cacing sebagaimana yang diklaim narasi tersebut.

Berdasar penelusuran, video itu diunggah oleh berbagai media internasional. Salah satunya factly.in pada 14 Maret 2023, dengan judul Video Viral Mengklaim Hujan Cacing di China Sebenarnya Menunjukkan Poplar Tree Catkins.

Berdasar keterangan penduduk setempat dan jurnalis Tiongkok, benda yang disangka cacing tersebut adalah catkin dari pohon poplar. Itu merupakan pemandangan umum selama musim semi.

Catkin adalah sebutan untuk kelompok bunga yang menggantung di pohon dan tidak memiliki kelopak. Mereka bisa ditemukan di berbagai jenis pohon seperti willow, birches, dan oak. Anda dapat melihatnya di s.id/KelopakBunga.

FAKTA

Benda yang disebut cacing pada video tersebut adalah catkin dari pohon poplar.

By admin