BERITA dugaan pencucian uang di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diikuti kabar menyesatkan. Misalnya, ada video yang diunggah akun Facebook yang menarasikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melaporkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

”Srimuly4ni D4lam Masal4h Bes4r Di P1mpin Menk0 Polhuk4m Lap0rk4n K4sus Menk3u Ke Lembag4 Ini,” tulis akun Facebook Perspektif sembari melampirkan video yang sudah tayang 2.366 kali itu.

Akun tersebut sengaja menyamarkan narasi itu dengan mengganti beberapa huruf vokal dengan angka agar tak mudah terdeteksi mesin pencari.

Video itu juga menyertakan gambar thumbnail yang cukup provokatif. Seolah Mahfud melaporkan Sri Mulyani ke KPK. Mahfud tampak memegang kertas dengan logo KPK. ”MEMANAS MAHFUD VS SRIMULYANI. TAK TINGGAL DIAM SERET KASUS MENKEU KE KPK,” tulis keterangannya (s.id/LaporKPK).

Video sembilan menit itu menampilkan berbagai rekaman dengan lokasi dan waktu yang berbeda-beda. Jika menyaksikan dengan saksama, tak ada satu pun pernyataan Mahfud yang melaporkan Sri Mulyani ke KPK.

Narator video hanya membacakan berita dari portal finance.detik.com berjudul ”Akhirnya Terkuak! Transaksi Janggal Rp 300 T di Kemenkeu Pencucian Uang”. Pada berita itu Mahfud menjelaskan transaksi janggal Rp 300 triliun.

”Jadi, tidak benar isu yang berkembang di Kemenkeu ada korupsi Rp 300 triliun. Bukan korupsi, pencucian uang,” kata Mahfud. Perkara tersebut akan ditindaklanjuti aparat penegak hukum. Mulai KPK, kejaksaan, hingga kepolisian. Anda dapat membacanya di s.id/BeritaAslii.

Sedangkan tampilan foto thumbnail pada awal video itu sudah lama beredar sejak 2019. Foto tersebut menampilkan Mahfud saat melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Kesamaan foto itu tampak dari model baju dan cara membawa map putih dengan logo KPK.

”Menko Polhukam Mahfud MD mendatangi kantor KPK. Dia menyetorkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN),” bunyi keterangannya. Anda dapat membacanya di s.id/LaporLHKPN2019.

FAKTA

Foto thumbnail Mahfud MD memegang map berlogo KPK itu adalah saat dia melaporkan LHKPN. Foto beredar pada 2019.

By admin