KABAR viral yang tak disertai informasi kredibel hampir dapat dipastikan dibumbui dengan kabar palsu. Misalnya, tangkapan gambar yang memperlihatkan seorang kakek yang diklaim sebagai pria tertua dengan usia 399 tahun. Katanya, kakek tua itu berasal dari Turki.

”Telah Beredar Video Seorang Nenek Berumur 399 Tahun dari Negara Turki SUBHANALLAH,” tulis akun Facebook Sholeh Arash pada 14 Maret 2022. Agar terlihat meyakinkan, akun tersebut juga menyertakan foto seorang kakek tengah berbaring.

”Turkish aged 399.” Begitu keterangan tangkapan gambar tersebut. Gambar itu memperlihatkan seseorang dengan kulit keriput berbaring mengenakan pakaian dominasi oranye dan kuning (bit.ly/Kakek399Turki).

Berdasar penelusuran, tak sedikit blog yang mengulas video tersebut. Bahkan, ada yang memanfaatkan untuk kepentingan umpan klik. Unggahan video di kanal YouTube Atuk Chakma memperlihatkan kemiripan sosok tersebut. Judul video itu berbunyi, World Most Oldest Buddhist Monk | Age of Thai Monk TikTok Viral Video | Buddhism | Thailand #LuangTa. Nah, video tersebut memberikan penegasan bahwa pria itu berasal dari Thailand, bukan Turki.

Keterangan kanal yang mengunggah video pada 22 Februari 2022 tersebut menyebutkan bahwa pria itu bernama Luang Ta. Biksu tersebut lahir pada 12 Agustus 1913. Kini dia berusia 108 tahun 4 bulan. Nah, pada Agustus nanti dia genap berumur 109 tahun.

Tak ayal, kondisi Luang Ta viral setelah pengguna TikTok @Auyary13 mem-posting klip itu melalui TikTok-nya. Dia telah mengabdi sebagai biksu Buddha selama 77 tahun bersama dengan pendidikannya yang menyebar ke seluruh Asia dan bahkan ke tempat-tempat dunia Barat.

Dikisahkan, Luang Ta lahir di Baan Taad di distrik utara Udon Thani, Thailand. Biksu itu tak diragukan lagi dianggap sebagai 1 di antara 16 anak yang lahir dari keluarga petani yang kaya. Ayah dan ibunya memintanya masuk biara selama satu musim ketika dia berusia 21 tahun.

Luang Ta diberi nama ”Bua” oleh ayah dan ibunya. Bua berarti bunga teratai dalam bahasa Latin. Anda dapat membacanya di bit.ly/AsalThailand.

Situs pencari fakta Snopes juga mengulas informasi tersebut. Snopes pun mengklarifikasi usia pria yang beredar sebelumnya dengan klaim 163 tahun. Padahal, usianya menginjak 109 tahun. Pada Januari 2022, Luang Ta sempat dibawa ke Rumah Sakit Dan Khun Thot di Thailand setelah patah tulang pinggul.

Video @Auyary13 telah dilihat jutaan kali karena terus memberikan kabar terbaru kepada penggemar Luang Ta tentang kesehatan kakek tua tersebut. Dalam komentar salah satu video, @Auyary13 menyatakan bahwa Luang Ta berusia 109 tahun. Anda dapat membacanya di bit.ly/109TahunUsia.

FAKTA

Pria tersebut bernama Luang Ta dan berusia 109 tahun pada Agustus nanti. Biksu itu berasal dari Thailand, bukan Turki.

By admin