ADA lagi kabar palsu tentang perang Rusia dan Ukraina yang bisa jadi mengaduk emosi netizen. Misalnya, kabar yang menyebar dengan menggunakan video. Katanya, rekaman itu merupakan perpisahan pasangan asal Ukraina sebelum pergi berperang.

”Banjir Air Mata Tentara Ukraina Peluk Pasangan Sebelum Berangkat Perang#1MNews #RussiaUkraine,” tulis akun Facebook 1Motivasi pada 3 Maret 2022. Video berdurasi 48 detik itu juga diberi tulisan besar ”Viral Tentara Ukraina Peluk Pasangan sebelum Berangkat Perang” (bit.do/PasanganUkraina).

Memang, sejak meletusnya perang dua negara bertetangga tersebut, ada banyak video yang bertebaran di media sosial. Termasuk tampilan perpisahan, baik dengan pasangan maupun keluarganya. Namun, video yang satu itu memiliki beberapa kejanggalan.

Misalnya, tidak ada emblem bendera Ukraina maupun lakban warna kuning yang terikat di lengan prajurit seperti para prajurit lainnya. Saat ditelusuri, video itu ternyata mengambil cuplikan adegan film berjudul The War of Chimeras.

Kanal YouTube Geomovies mengunggah cuplikan tersebut pada 30 Oktober 2018. Jauh sebelum penyerangan militer Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022. Jadi, film itu tayang empat tahun lalu.

Film yang dibuat Anastasia Starozhytska dan Maria Starozhytska itu memang dibuat di Ukraina pada 2017. Film tersebut mengisahkan perang, cinta, dan kematian yang dibuat secara dokumenter. Anda dapat melihat tayangan identik saat perempuan dan seorang tentara pada detik ke-58 di bit.do/FilmRilis2017.

Reuters juga mengulas informasi tersebut. Video itu menunjukkan adegan dari film 2017 tentang perang, bukan tentara Ukraina yang mengucapkan selamat tinggal kepada pasangannya selama invasi Rusia pada Februari 2022. Anda bisa membacanya di bit.do/FilmPada2017.

FAKTA

Tayangan perpisahan tentara dengan pasangannya itu merupakan bagian dari adegan film The War of Chimeras yang dirilis pada 2017.

By admin