JawaPos.com – Beberapa pekan lalu Twitter sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke layanan menggunakan platform pihak ketiga. Pihak ketiga di sini jelas mengacu pada layanan lain seperti Apple atau Google.

Tentu saja ini menarik. Bagi mereka yang menggunakan Twitter beta di Android, mereka mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa perusahaan telah mengimplementasikan fitur tersebut untuk aplikasi beta sejak saat itu.

Dilansir dari 9To5Google via Ubergizmo, perubahan ini tampaknya hanya ada di Twitter beta Android. Jadi untuk pengguna iOS, mereka mungkin belum bisa merasakan fitur tersebut.

Namun, versi Android hanya memungkinkan pengguna untuk masuk dengan Google sebagai salah satu opsi login lain. Layanan Apple belum bisa, tapi banyak para tech enthusiast menyebut bahwa ketika versi iOS mendapatkan fitur ini, pengguna mungkin dapat memilih antara Apple atau Google.

Login dengan layanan pihak ketiga ke salah satu aplikasi atau platform tertentu belakangan sudah cukup banyak dijumpai. Misalnya saja ketika ingin masuk (login) ke satu aplikasi game, kita diberikan pilihan untuk tidak melakukan sign up atau pendaftaran baru dan bisa menggunakan layanan lainnya semisal Facebook atau Google.

Login dengan Facebook sebagai layanan pihak ketiga sudah sangat umum. Namun untuk Twitter, tampaknya mereka tidak mengizinkan Facebook untuk mewakili login ke layanan mereka sebab diketahui bersama bahwa keduanya memang bersaing ketat untuk urusan platform media sosial atau medsos.

Jadi tidak mengejutkan jika opsi login dengan layanan Facebook ke Twitter tidak tersedia. Twitter tampaknya tak ingin memberi Facebook lebih banyak kesempatan dan celah untuk mengais dan mengumpulkan data pengguna.

Sampai dengan saat ini, masih tidak ada kabar kapan opsi login baru ini akan diluncurkan kepada pengguna secara luas (non-beta). Tetapi karena ini sudah dalam versi beta, mungkin tidak akan terlalu lama.

By admin