REKA ulang kasus penganiayaan oleh Mario Dandy rupanya tak luput dari incaran produsen hoax. Sebuah video yang disebar di Facebook menyebut Mario si anak pegawai pajak itu kabur saat rekonstruksi dan ditembak di tempat.

”Nekat kabur saat rekonstruksi, Mario Dandy dikabarkan di door ditempat. Benarkah,” tulis akun Facebook Amalia sembari melampirkan video dilengkapi dengan thumbnail beserta keterangan. Gambar thumbnail tersebut memperlihatkan beberapa petugas dengan persenjataan lengkap.

”Breaking news. Nekat Kabur, Mario Di Door Ditempat. Brimob bersenjata lengkap langsung bergerak cepat,” tulis keterangannya (s.id/TembakDiTempat).

Narasi yang disampaikan akun tersebut sejak awal terkesan janggal. Gambar thumbnail pun tampak rekayasa. Selain itu, tidak ada berita resmi tentang Mario yang mencoba kabur, apalagi ditembak.

Saat menyaksikan video akun Facebook Amalia itu, juga tidak ditemukan pernyataan Mario ditembak polisi karena mencoba kabur saat rekonstruksi.

Berdasar penelusuran, tampilan thumbnail gambar tersebut identik dengan tayangan video dari kanal YouTube Kompas.com berjudul Jalani Rekonstruksi, Mario Dandy Pakai Branded Jutaan. Video itu juga tak menampilkan upaya Mario untuk kabur saat rekonstruksi.

Anda dapat melihat situasi itu di s.id/SituasiAsliRekonstruksi. Perkembangan terbaru kasus penganiayaan itu anda dapat membaca jawapos.com di s.id/APABukaSuara.

FAKTA

Mario Dandy tetap menjalani rekonstruksi penganiayaan hingga selesai.

By admin