GUNUNG Merapi yang kembali memuntahkan awan panas guguran (APG) pada 11 Maret 2023 langsung diikuti informasi palsu. Informasi tersebut menyebar dengan disertai rekaman video pendek yang memperlihatkan debu vulkanis membubung tinggi. Katanya, peristiwa itu terjadi di Gunung Merapi.

”Gunung Merapi meletus 11 Maret 2023 #gunungmerapi #gunung,” tulis akun Facebook Hasbi Hoki Gardener. Video reels itu juga menyertakan tulisan gunung merapi meletus (s.id/Merapi11Maret).

Berdasar penelusuran, gunung dalam video yang sudah tayang 618 kali tersebut bukan Gunung Merapi yang memuntahkan APG pada 11 Maret lalu. Melainkan, letusan Gunung Sinabung di Medan, Sumatera Utara. Yang paling mencolok adalah video tingginya letusan.

Video itu juga diunggah kanal YouTube @paulusuramasi dengan shorts video. Kondisi tersebut sama dengan akun Facebook Hasbi Hoki Gardener yang menampilkan rekaman jalan raya. ”Letusan gunung Sinabung. 19/02/2018.” Begitu keterangannya. Anda dapat melihatnya di s.id/Sinabung2018.

Akun Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) @BPPTKG turut mengunggah klarifikasi video tersebut pada 2020. Pada saat itu juga disebutkan bahwa gunung dalam video itu adalah Gunung Merapi. Padahal, yang benar adalah Gunung Sinabung.

”Ini bukan video erupsi #Merapi ya, melainkan erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Jadi, stop penyebaran video ini. Yuk #berhentidikamu #saringsebelumsharing #statuswaspada sejak 21 Mei 2018,” tulis akun Twitter tersebut pada 27 Maret 2020. Anda dapat melihatnya di s.id/GunungSinabung.

Sementara itu, sebagaimana yang dikabarkan Jawa Pos Radar Jogja, Gunung Merapi telah mengalami erupsi 54 kali hingga Minggu (12/3) pukul 15.30 seperti data BPPTKG. Arah guguran tersebut seluruhnya meluncur ke barat daya atau Kali Bebeng.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso menjelaskan, awan panas guguran (APG) berasal dari kubah lava sisi barat daya. Jarak luncurnya variatif dengan maksimal 4 kilometer. Meski lava pijar belum menjangkau hunian, Agus meminta masyarakat tetap waspada. Anda dapat melihatnya di s.id/APG54Kali. (zam/c14/jun)

FAKTA

Dalam video pendek yang tersebar, gunung meletus dengan debu vulkanis membubung tinggi adalah Gunung Sinabung di Sumatera Utara pada 2018.

By admin