JawaPos.com – Tren AI Generatif yang sedang hits belakangan memacu Google memperkenalkan gelombang lanjutan dari inovasi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) bikinannya. Sekarang, AI terbaik Google dikatakan bisa dicoba melalui Google Cloud dan ekosistem pembuatan prototipe baru yang disebut MakerSuite.

Di Google Workspace, layanan lainnya juga sama. Perusahaan juga memperkenalkan fitur baru yang membantu pengguna memanfaatkan kekuatan AI generatif untuk berkreasi, terhubung, dan berkolaborasi.

“Terobosan dalam AI generatif secara mendasar mengubah cara orang berinteraksi dengan teknologi, dan di Google, kami telah mengembangkan model bahasa besar (large language model) secara bertanggung jawab sehingga kami dapat menghadirkannya dengan aman ke produk kami,” ujar Thomas Kurian, CEO, Google Cloud.

Bagi pengembang yang ingin membangun aplikasi generasi berikutnya dengan AI generatif, Google memperkenalkan antarmuka pemrograman aplikasi (API) PaLM, penawaran baru yang memudahkan dan aman untuk bereksperimen dengan model bahasa besar terbaik Google. Saat ini, Google menyediakan model yang efisien, dalam hal ukuran dan kemampuan, serta ukuran lainnya akan segera ditambahkan.

API atau Application Programing Interface ini juga dilengkapi dengan alat intuitif yang disebut MakerSuite, yang memungkinkan pengembang membuat prototipe ide dengan cepat dan, dari waktu ke waktu, akan memiliki fitur untuk rekayasa cepat, pembuatan data sintetik, dan penyetelan model kustom – semuanya didukung oleh alat keamanan yang tangguh.

Google menghadirkan kemampuan AI generatif baru ke portofolio Google Cloud AI-nya untuk membantu pengembang dan organisasi mengakses keselamatan, keamanan, privasi tingkat perusahaan, serta berintegrasi dengan solusi Google Cloud mereka yang sudah ada.

Mulai hari ini, penguji tepercaya bisa mengakses Generative AI support in Vertex AI dan Generative AI App Builder. Jika Anda tertarik dengan informasi terkini tentang peluang akses awal, silakan bergabung dengan komunitas teknis Google Cloud Innovators.

Selain mengumumkan inovasi AI baru, Google Cloud berkomitmen untuk menjadi penyedia cloud paling terbuka. Saat ini, perusahaan menghadirkan yang terbaik dari infrastruktur, produk AI, dan model dasar Google kepada mitra di setiap lapisan kumpulan AI.

Ini termasuk pembuat chip; perusahaan yang membangun model dasar dan platform AI; mitra teknologi yang memungkinkan perusahaan mengembangkan dan menerapkan model ML; pembuat aplikasi yang menyelesaikan kasus penggunaan pelanggan dengan AI generatif dan layanan global; serta perusahaan konsultan yang membantu perusahaan menerapkan semua teknologi ini dalam skala besar.

Google Cloud juga meluncurkan Built with Google Cloud AI, sebuah inisiatif baru yang membantu mitra vendor perangkat lunak independen (ISV) untuk mulai membuat aplikasi menggunakan layanan Google Cloud AI. Inisiatif ini memberikan akses khusus ke keahlian, pelatihan, dan dukungan pemasaran bersama Google Cloud untuk membantu mitra membangun kapasitas dan memasuki pasar.

By admin