JawaPos.com– Perayaan International Happiness Day (Hari Bahagian Sedunia), dirayakan sejumlah  perempuan di Surabaya lewat sesi Aqua Yoga. Aktivitas itu mengambil tempat di sebuah kolam renang outdoor. Para peserta pun mendapatkan pengalaman baru.

”Yoga punya manfaat bagus untuk tubuh, juga untuk mood. Jadi salah satu cara untuk bahagia nih,” ucap Kina Napitupulu, instruktur yoga, ditemui di Hotel Ciputra World Surabaya, kemarin.

Biasanya, gerakan-gerakan yoga dilakukan di lembaran matras. Nah, kali ini sengaja dipilih tempat di kolam renang. Memang, urutannya tak seruntut jika dilakukan di matras. ”Gerakannya pasti yang dilakukan saat berdiri saja. Jadi sun salutation atau gerakan yang menunduk, pasti dihilangkan,” jelas Kina.

Gerakan pada Aqua Yoga diambil dari level beginner atau pemula. Misalnya, gerakan tree pose atau big toe pose. ”Karena kan biasanya melakukan di matras. Jadi di air ini, kita coba gerakan pemula lagi,” jawab perempuan yang sudah menekuni yoga lebih dari enam tahun tersebut.

Apalagi, lanjut dia, beberapa peserta juga belum jago berenang. Karena itu, gerakan pada Aqua Yoga memang cukup simpel. Kendati demikian, Kina menyatakan bahwa gerakan itu tetap memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

”Aqua Yoga Justru bagus bagi mereka yang belum terbiasa dengan olahraga renang atau yang sedang mengalami cedera otot,” tambahnya.

Dia menjelaskan, tekanan air dapat membantu otot-otot yang cedera untuk lebih cepat sembuh. Selain itu, Aqua Yoga juga menambah kepercayaan diri peserta untuk beraktivitas di kolam renang. ”Karena memang membantu mengeluarkan hormon bahagia, jadi image soal kolam renang yang menakutkan bisa turun pelan-pelan,” imbuhnya.

Sebelum melakukan Aqua Yoga, Kina menekankan kepada para peserta untuk melakukan pemanasan selama 15 menit. Hal ini dilakukan karena tahapan yoga berbeda dengan yang biasa dilaksanakan di matras. ”Harus sediakan waktu khusus di awal untuk pemanasan,” tegasnya.

By admin