JawaPos.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta masih memverifikasi data-data pendaftar program Mudik Gratis dari Pemprov DKI Jakarta. Hingga kini, tercatat ada ratusan pendaftar yang juga terdaftar dalam program mudik gratis lain di luar dari Pemprov DKI Jakarta.

“Untuk yang 600 lebih pendaftar ada di (program mudik gratis) Jasa Raharja dan Kementerian,” ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Jumat (31/3).

“DKI hapus yang pendaftar cadangan yang belum diapprove oleh admin, itu di-approve untuk masuk lagi, jadi prosesnya seperti itu,” imbuhnya.

Data-data pendaftar yang double tersebut, kata Syafrin dapat dideteksi oleh para petugas karena sistemnya memang sudah terhubung dengan program mudik gratis lain di pemerintah.

“Jadi ada yang sudah masuk tapi belum di okein. Banyak yang sudah masuk menunggu surat konfirmasi bahwa mereka boleh tidak,” tegasnya.

Oleh karena itu, hingga kini ia mengatakan bahwa program mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta masih akan ditutup sementara sebelum akhirnya semua data terverifikasi secara fiks.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menutup sementara program Mudik Gratis 2023. Hal itu disampaikan melalui akun Instagram resmi @dishubdkijakarta karena kuotanya ternyata langsung ludes dalam satu hari.

“Pendaftaran mudik gratis 2023 ditutup sementara dikarenakan kuota yang disediakan telah terpenuhi,” kata Dishub DKI dalam keterangannya, Jumat (24/3).

Meski begitu, warga tak perlu khawatir. Pasalnya, Dishub DKI Jakarta berencana akan membuka kembali pendaftaran Program Mudik Gratis 2023. Namun, pendaftaran itu akan dibuka kembali setelah proses verifikasi dan kuota untuk mudik gratis 2023 masih tersedia.

By admin