JawaPos.com – Reaktivasi jalur kereta api (KA) dari Stasiun Kalimas menuju Terminal Petikemas Surabaya (TPS) selesai digarap. Ada tiga jalur KA yang siap dioperasikan. Pemanfaatan layanan tinggal menunggu rancangan sistem dan pengguna jasa.

Jalur kereta di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak terakhir dioperasikan pada 2016. Karena lama tak terpakai, banyak bantalan rel yang rusak. PT KAI lantas melakukan perbaikan dan meresmikan kembali jalur angkutan itu pada Juni lalu.

Kepala Stasiun Kalimas Yuliono menjelaskan bahwa pengoperasian ketiga jalur KA siap sepenuhnya. Masing-masing jalur mampu mengakomodasi 20 gerbong. Saat awal diresmikan dua bulan lalu, hanya dua jalur yang siap. ”Sekarang tiga jalur sudah bisa dipakai semua,” kata Yuliono.

Dia menjelaskan bahwa proses reaktivasi dilakukan tim teknis PT KAI. Rel yang rusak sudah diganti. Tidak hanya kerusakan, KAI juga mempertimbangkan beban muatan yang naik di atas rel nanti.

Meski reaktivasi rampung, Yuliono menegaskan bahwa jalur KA belum dioperasikan. Sebab, penyusunan sistem layanan dan pengoperasian jalur sepanjang 2,5 kilometer tersebut belum selesai. Masih menyusun tarif dan prosedur pemeriksaan barang yang masuk ke pelabuhan. Dia menjelaskan, sistem sangat penting untuk mendorong kelancaran bongkar muat dan pemeriksaan barang ekspor-impor.

Selain penyusunan sistem layanan, Yuliono menjelaskan bahwa saat ini KAI masih menunggu minat pengguna jasa. Hingga kini belum ada order dari pelaku industri untuk memanfaatkan kereta dalam mengangkut barang ke pelabuhan.

Saat disinggung soal pengembangan jalur KA ke dermaga lainnya di Pelabuhan Tanjung Perak, Yuliono menjelaskan bahwa rencana tersebut belum dibahas. KAI masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. ’’Jalurnya sudah ada dan dulu pernah dipakai. Jalur KA memang perlu direaktivasi,’’ jelas Yuliono. 

By admin