JawaPos.com- Pengerjaan jalur ganda (double track) kereta api di wilayah Surabaya terus berlangsung. Sebab, double track itu merupakan proyek strategis nasional. Ada dua rute di wilayah Surabaya, yaitu Mojokerto–Sepanjang dan Sepanjang–Wonokromo.

Humas Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Surabaya Alfaviega Septian Pravangasta mengatakan, pihaknya berfokus pada rute Mojokerto–Sepanjang lebih dulu. ’’Selama ini, pengerjaan selalu melebihi target. Kalau secara realistis, operasionalnya di pertengahan 2024,’’ ujarnya kemarin (5/3).

Setelah rute Mojokerto–Sepanjang rampung, akan berlanjut ke pengerjaan jalur ganda Sepanjang–Wonokromo.

Dia mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah tantangan dan sedang menyiapkan solusi. Di antaranya, lahan di Pagesangan yang terhalang pilar penyangga jalan tol dan skema pengerjaan di layang Mayangkara. Sebab, area itu terbilang vital dan banyak pengguna. ’’Jangan sampai proses proyek ini mengganggu masyarakat,’’ tuturnya.

Sejumlah alternatif skema rekayasa lalu lintas tengah dibahas bersama lintas instansi. Mulai Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) hingga kepolisian.

By admin