JawaPos.com-  Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan Alun-Alun Sidoarjo, ditutup total hari ini (4/3). Penutupan berlangsung selama sepuluh jam dari pukul 14.00 sampai pukul 24.00 WIB. Pengendara dialihkan ke sejumlah jalan lain.

Penutupan itu imbas Jayandaru Youth Night Paradise yang digelar hari ini di depan Monumen Jayandaru, Alun-Alun Sidoarjo. Acara festival seni itu berlangsung sejak sore hingga malam. Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas agar pengendara tidak sampai terjebak kemacetan di sekitar Alun-Alun Sidoarjo.

Kepala Dishub Sidoarjo Benny Airlangga mengatakan, penutupan Jalan Ahmad Yani dan sekitar alun-alun dilakukan pukul 14.00 sampai pukul 24.00. Namun, kendaraan besar dialihkan sejak dini hari.

Truk dan bus dari utara dibelokkan ke kiri melewati Jalan Lingkar Timur hingga tembus Kecamatan Candi. Kendaraan dari selatan yang menuju utara seperti ke Buduran, Gedangan, dan Waru juga diarahkan melewati Jalan Lingkar Timur.

Rekayasa arus tersebut dilakukan karena ribuan orang bakal memadati Alun-Alun Sidoarjo. Jayandaru Youth Night Paradise 2023 merupakan pergelaran festival seni terbesar di Sidoarjo yang diadakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo.

Dalam acara tersebut, bakal ditampilkan karya seni para pemuda. Sejumlah kompetisi juga digelar seperti lomba desainer hunt, desain motif batik, painting, cipta tari khas Sidoarjo, serta jingle.

Ketua Dekranasda Sa’adah Ahmad Muhdlor sekaligus inisiator Jayandaru Youth Night Paradise 2023 mengatakan, event tersebut sekaligus mendatangkan bintang tamu top. Di antaranya, eks vokalis Ada Band Donnie Sibarani.

”Juri kompetisi desain juga melibatkan perancang busana ternama, yaitu Itang Yunasz dan Gita Rolin,” ujarnya. Dia mengatakan, festival itu sekaligus membangunkan pemuda-pemuda berbakat yang selama ini belum terlalu diketahui publik.

By admin