Baku Tembak Lagi, Satu Prajurit TNI Gugur di Yahukimo

JawaPos.com – Insiden penyanderaan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens berimbas pada frekuensi penerbangan ke Papua. Hingga kemarin, 70 persen flight ke Papua dihentikan.

”Konfiden di antara pilot-pilot kami tidak memungkinkan adanya penerbangan lagi di wilayah pegunungan (Papua),” ujar Susi Pudjiastuti, pendiri Susi Air.

Dia mengatakan, banyak pilot yang merasa trauma terbang ke Papua. Apalagi, hingga 23 hari sejak awal penyanderaan, keberadaan Philip belum diketahui. ”Kami tetap berharap dan berdoa pilot kami Capt Philip bisa dibebaskan, tanpa syarat kalau bisa,” kata Susi.

Sebelum penyanderaan Philip, secara keseluruhan rata-rata penerbangan Susi Air di Papua 70–120 flight per hari. Pascaperistiwa itu, jumlah penerbangan turun signifikan.

Dalam sekali terbang, Pilatus Porter bisa membawa tujuh sampai sembilan penumpang atau 900 kilogram muatan. Dengan berkurangnya penerbangan, bukan hanya mobilitas masyarakat yang terganggu. Suplai kebutuhan masyarakat pun terhambat. Sebab, Pilatus Porter hanya terbang ke daerah yang tidak bisa didarati pesawat karavan. ”Jadi, kalau Pilatus Porter tidak terbang, hanya bisa digantikan helikopter,” bebernya.

Karena itu, Susi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Papua. Sebab, banyak penerbangan Susi Air yang kini harus berhenti. Apalagi, ada satu pesawat mereka yang dibakar KST.

Susi mengungkapkan bahwa dirinya kenal betul dengan Philip dan keluarganya. Khususnya istri Philip yang berasal dari Pangandaran, Jawa Barat. Menurut Susi, Philip terbang di Papua sejak 2020. Dia dipercaya menjadi kapten pilot untuk penerbangan dengan pesawat Pilatus Porter.

Mantan menteri kelautan dan perikanan itu memastikan, Philip merupakan pilot andal. Selain Pilatus Porter, dia mampu menerbangkan beberapa jenis pesawat lain. Sebagai kapten pilot, Philip memiliki jam terbang tinggi. Dia paham medan, tantangan alam, dan kondisi bandara-bandara di Papua. Termasuk Lapter Paro. Saat terbang ke distrik tersebut, Susi tegas menyatakan tidak ada peringatan. ”Pagi itu tidak ada alert apa pun,” imbuhnya.

Paro merupakan salah satu distrik di Papua Pegunungan yang masuk dalam kontrak antara Susi Air dan pemerintah. Daerah tersebut harus diterbangi Susi Air lantaran ada dalam daftar penerbangan perintis. ”Rute perintis itu adalah rute yang ditentukan pemerintah untuk diterbangi dan 65 persen disubsidi pemerintah,” jelas dia. Karena itu, tiket penerbangan perintis sangat terjangkau untuk masyarakat Papua. Hanya Rp 250 ribu.

Berdasar data Susi Air, kontrak tersebut mereka peroleh setelah enam tahun terbang di Papua sejak 2006. Pada 2012, mereka mendapat kepercayaan tersebut lantaran maskapai lain sudah tidak terbang di sana.

Terkait upaya pencarian Philip, Susi menyerahkan secara penuh kepada otoritas setempat. Baik pemerintah daerah maupun aparat keamanan. ”Saya dengan pemerintah daerah terus melakukan soft approach. TNI-Polri juga melakukan persiapan-persiapan untuk penjemputan,” tambah dia.

Susi menyatakan, peristiwa yang dialami Philip memang sangat mengejutkannya. Dia sama sekali tidak ingin hal buruk menimpa pilot Susi Air. Setelah menyampaikan keterangan kepada awak media kemarin, dia tampak berkaca-kaca dan berusaha menyeka air mata. ”Memperjuangkan kemerdekaan dengan mengambil kemerdekaan orang lain itu bukan cara yang bijak,” ujarnya.

KST Beraksi Lagi

Kemarin KST kembali menyerang personel TNI yang bertugas di wilayah Kabupaten Yahukimo. Akibatnya, seorang prajurit Kodim 1715/Yahukimo gugur. Aksi itu juga mengakibatkan dua prajurit Angkatan Darat mengalami luka tembak. ”KST telah menyerang dan menembak personel Kodim 1715/Yahukimo di Kilometer 4 Jalan Paradiso, Distrik Dekai,” ungkap Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Kavaleri Herman Taryaman.

Herman menyebutkan, serangan itu terjadi pukul 15.30 WIT. Identitas prajurit yang gugur akibat serangan tersebut adalah Pratu LW. Sedangkan dua prajurit yang mengalami luka tembak adalah Pratu NS dan Sertu RS. Mereka kini berada di Rumah Sakit Yahukimo. Sampai kemarin sore, kontak tembak KST dengan prajurit TNI di Yahukimo masih terjadi. Dalam kontak tembak itu dikabarkan, Dandim 1715/Yahukimo juga mengalami luka tembak.

By admin