Awarding Night Mandiri Jawa Pos Apkrindo UK Petra Culinary Awards 2022

JawaPos.com – Gelaran Mandiri Jawa Pos Apkrindo UK Petra Culinary Awards 2022 yang dimulai sejak 31 Oktober tahun lalu mencapai puncaknya tadi malam (1/3) di Surabaya.

Pemungkas acara ditandai dengan awarding night alias malam penghargaan bagi 407 resto yang terlibat.

Mereka berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Batu, Pasuruan, dan usaha kuliner berbasis online food. Semuanya memperebutkan penghargaan di 32 kategori.

Di antara kategori tersebut, ada Restoran & Depot, Noodle & Meatball Restaurant, New Restaurant, Family Restaurant, Dessert & Ice Cream Shop, Cafe & Coffee Shop, Japanese Restaurant, Chinese Restaurant, Healthy Restaurant, hingga Legendary Restaurant. Total terpilih 128 pemenang yang unggul dari sekian banyak poin penilaian ketat dari dewan juri. Mulai segi rasa hingga kenyamanan lokasi bersantap.

Festival kuliner tersebut sudah memasuki tahun kelima. Terdapat beberapa sub-event yang sudah dilangsungkan di edisi kali ini. Yakni, Honda BR-V Culinary Race, Latulipe Miss Culinary, dan Food Fiesta Bazaar.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang turut hadir menuturkan, sektor makanan-minuman turut menggerakkan ekonomi sekitar. ’’Kuliner tidak berdiri sendiri, ia menyerap ekonomi kreatif juga. Karena kulinerlah, para arsitek, interior desainer, grafik desainer, dan tenaga kreatif lain turut berkreasi sehingga terciptalah tempat-tempat makan dan ngopi yang estetis. (Kuliner) ini ekosistem yang punya daya multiplier besar,’’ imbuhnya pada sambutan dalam acara yang berlangsung di Food Society, Pakuwon Mall, Surabaya, itu.

Emil mengapresiasi konsistensi Jawa Pos menggelar Culinary Awards. ’’Langkah Jawa Pos itu sangat penting. Saya berharap betul kita bisa terus melahirkan inovasi dan terobosan di sektor kuliner, baik kuliner tradisional maupun kontemporer,’’ jelasnya.

Regional CEO Bank Mandiri VIII/Jawa 3 Tri Nugroho mengatakan, rangkaian event yang tergelar sudah melalui seleksi yang cukup ketat. ’’Selamat kepada seluruh nominator. Karena kita semua punya peran yang sama, bagaimana berkolaborasi untuk terus melestarikan kuliner Indonesia,’’ ujar Tri dalam sambutannya.

Rektor Universitas Kristen Petra Prof Dr Ir Djwantoro Hardjito MEng juga mengapresiasi kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam ajang tersebut. ’’Kalah menang bukan yang utama, tapi bagaimana kita saling memotivasi untuk kian meningkatkan diri,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jawa Pos Koran Leak Kustiyo mengungkapkan bahwa tahun ini terbilang penuh tantangan. ’’Tapi, empat bulan perjalanan Culinary Awards ini memberikan banyak hal baru. Semoga kita bisa membangun bisnis kuliner di Jatim untuk kemajuan bersama,’’ terangnya.

Adapun General Manager Sales & Marketing Operation Honda Surabaya Center Ingelina Aprilia berharap pihaknya bisa turut menguatkan sektor kuliner, terutama di Surabaya dan Jawa Timur, agar bisa lebih dikenal. Tujuan akhirnya dapat menggerakkan roda ekonomi di Jatim lebih kencang lagi. ’’Mungkin orang bingung apa hubungannya rally dan makanan. Itu adalah momen untuk mempersatukan makanan dan keluarga,’’ ungkapnya.

By admin