JawaPos.com – Teknologi ponsel telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, dan salah satu inovasi terbaru adalah fitur Dynamic Islands. Fitur ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple di iPhone 14 khususnya iPhone 14 varian Pro dan Pro Max.

Seperti biasa, kalau Apple sudah memulai tren baru, produsen Android akan berlomba-lomba mengikutinya. Seperti dulu pada iPhone X di 2017 lalu saat smartphone pertama kali menggunakan layar bertakik atau notch, langsung saja banyak merek Android mengikuti.

Kabarnya sekarang juga demikian, fitur Dynamic Island di iPhone 14 Pro Series juga akan diadopsi oleh ponsel Android.

Sementara beberapa aplikasi yang menampilkan Dynamic Islands telah tersedia di Play Store selama beberapa waktu, perusahaan yang benar-benar berupaya menghadirkan fitur ini ke Android adalah Realme.

Realme bahkan bertanya kepada penggunanya informasi seperti apa yang ingin mereka lihat di kotak hitam mengambang ini. Langkah ini mendapat reaksi beragam, dengan beberapa orang menganggap fitur itu tidak perlu. Sementara yang lain percaya itu memiliki potensi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Dilansir dari 9to5Google, baru-baru ini, Realme mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan fungsionalitas untuk Dynamic Island dalam versi baru User Interface (UI)-nya. Ini telah memberi pengguna gambaran sekilas tentang cara kerjanya dan seperti apa tampilannya.

Intinya, fitur tersebut akan cukup cerdas untuk menyembunyikan kamera depan. Dengan menampilkan informasi dalam kotak hitam yang mengambang dan dapat disesuaikan.

Pengguna akan dapat melihat pengatur waktu, kontrol multimedia, atau informasi relevan lainnya. Ini mirip dengan apa yang sudah terintegrasi ke dalam bilah penyesuaian cepat atau layar kunci dan selalu ditampilkan di Android.

Dynamic Island Realme juga diklaim akan menjadi Android Dynamic Island “resmi” pertama. Tapi masih harus dilihat apakah produsen lain juga akan mengikutinya atau tidak.

Juga tidak jelas apa yang akan dinamai Realme untuk fungsi ini di dalam firmware-nya. Wakil Presiden Realme, Madhav Sheth, menerbitkan gambar fitur Dynamic Island tetapi kemudian menghapusnya, yang menimbulkan spekulasi bahwa itu adalah kebocoran yang tidak disengaja.

Banyak gadget leakers juga menemukan video kecil yang menunjukkan bagaimana Dynamic Islands bekerja pada ponsel Realme. Namun, video tersebut hanya menampilkan fitur tersebut saat pengisi daya cepat SuperVOOC terhubung.

Tidak ada informasi tentang opsi lain yang dapat berfungsi di dalam Dynamic Island Realme. Ada kemungkinan Realme masih menguji fitur tersebut dan belum memutuskan bagaimana cara kerjanya.

Kesimpulannya, Dynamic Island adalah fitur baru yang menarik yang berpotensi meningkatkan pengalaman pengguna di ponsel. Sedangkan Realme menjadi pabrikan pertama yang memperkenalkan fitur ini.

Masih harus dilihat apakah produsen lain akan mengikutinya. Apakah fitur ini akan diadopsi secara luas atau tetap menjadi fungsi khusus masih belum terlihat. Namun, jelas bahwa teknologi seluler terus berkembang dan berinovasi, memberi pengguna fitur-fitur baru dan menarik.

By admin