JawaPos.com – Xiaomi baru-baru ini mengumumkan akan mengakhiri dukungan resmi untuk enam perangkat berbeda dari Xiaomi, Redmi, dan Poco. Perangkat ini tidak akan lagi menerima pembaruan atau update versi MIUI dan Android karena telah selesai dua tahun sejak diluncurkan.

Berita tersebut diumumkan oleh saluran telegram MIUI. Melalui informasi yang dibagikan Xiaomi itu mengungkapkan model spesifik yang tidak lagi didukung oleh Xiaomi mulai 21 April 2023.

Daftar perangkat yang tidak lagi mendapatkan pembaruan mencakup model asli dan variannya yang berbeda. Bersamaan dengan nama internal masing-masing model agar lebih mudah untuk mengidentifikasinya.

Meskipun beberapa perangkat yang tersedia dalam daftar baru tersedia selama dua tahun. Mereka tidak akan lagi menerima dukungan resmi dari perusahaan.

Keenam perangkat yang tidak lagi menerima pembaruan:

– Redmi K40 Pro/+/Xiaomi 11X Pro/Xiaomi 11i (haydn).
– Redmi K40/Xiaomi 11X/POCO F3 (alioth).
– Redmi K40 Gaming/POCO F3 GT (ares).
– Redmi Note 10 Pro/POCO X3 GT (chopin).
– Xiaomi 10S (thyme).
– Xiaomi 11 Lite 5G (renoir).

Xiaomi juga memastikan kalau pengembangan versi beta ROM MIUI Tiongkok untuk model ini akan dihentikan. Ini berarti bahwa mereka akan mencapai akhir periode dukungan mereka.

Namun, Xiaomi telah mengklarifikasi bahwa versi stabil dari model ini akan terus menerima pembaruan hingga semua fitur yang direncanakan untuk versi saat ini telah diterapkan, dan semua bug yang ada di versi saat ini telah diperbaiki. Jadi, pengguna perangkat ini masih akan menerima pembaruan dan perbaikan bug hingga versi stabil mencapai pembaruan terakhirnya.

Perlu dicatat bahwa beberapa model ini telah tersedia di berbagai wilayah di dunia dengan nama yang berbeda. Oleh karena itu, daftar tersebut mencakup model asli dan variannya yang berbeda. Serta nama internal masing-masing model untuk memudahkan pengguna mengidentifikasi perangkat mereka.

Kesimpulannya, Xiaomi telah memperbarui daftar perangkatnya yang tidak lagi didukung oleh perusahaan. Meskipun perangkat tidak akan lagi menerima pembaruan MIUI dan Android, versi stabil akan terus mendapatkan pembaruan hingga mereka mendapatkan semua fitur, dan perbaikan untuk semua bug yang ada di versi saat ini.

By admin