JawaPos.com – Dapur sering kali menjadi tempat yang terlupakan saat proses mendesain rumah. Fokus pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi dan kamar tidur sering membuat kita lupa kalau dapur perlu juga dirias. Supaya cantik.

Kenapa dapur perlu dirias juga? Selain supaya cantik dan sedap dipandang mata, proses mendesain dapur juga sama pentingnya seperti mendesain bagian rumah lainnya. Ada nilai, filosofi atau bahkan harapan dalam proses mendesainnya.

Kalau kamar tidur didesain sedemikian rupa supaya tidur bisa nyenyak, nyaman dan bikin betah, di dapur juga gitu. Supaya nyaman, menghilangkan kesan kotor dan mungkin membuat feel memasak jadi lebih enak. Masakannya juga jadi lebih enak juga, kan.

Tren saat ini, kebanyakan orang mendesain dapur dengan konsep minimalis tapi praktis. Meski ruangan di dapur terbatas, kita harus bisa mengatur dan mendesainnya supaya bisa terlihat apik karena keterbatasan ruangan bukanlah hal yang menjadi penghalang saat mendesain.

Tentukan Tema
Hal yang pertama Anda perlu lalukan saat mendesain dapur adalah menentukan tema. Menentukan tema ini sangatlah penting karena tema akan menjadi pondasi dasar dari desain dapur minimalis. Tema yang diambil bisa juga serupa dan mengikuti dengan tema keseluruhan rumah.

Ini juga tidak mutlak. Jika tema dapur Anda tidak ingin sama dengan tema rumah, bukan masalah. Asalkan tema jelas, maka nanti desain dapur juga akan lebih mudah. Untuk menentukan tema, Anda bisa mencari inspirasi melalui internet untuk melihat-lihat pinterest, Instagram atau YouTube.

Padu Padan Warna
Selanjutnya, kalau tema sudah matang, pilih warna. Untuk dapur minimalis disarankan untuk tidak memilih banyak warna. Lebih baik warnanya yang senada. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih luas. Lebih ringkas.

Perpaduan warna ini meliputi warna kabinet dapur atau kitchen set, perlengkapan dapur, hingga peralatan memasak. Jika warnanya tidak dipilih dengan tepat, maka konsep tema yang sudah ditentukan bisa berantakan.

Barang Elektronik Menyesuaikan
Selanjutnya, kalau tema sudah jelas, warna sudah oke, bisa dilanjut ke proses menentukan barang elektronik apa saja yang ingin dipakai. Nantinya saat mencari perabotan hingga perlengkapan dapur, carilah salah satu dari ketiga warna tersebut.

Nggak terpaku juga. Cari yang sesuai warna, bisa melengkapi tema dan yang jelas fungsinya. Salah satu barang elektronik yang wajib ada di dapur adalah kulkas. Cari kulkas yang bisa melengkapi tema besar dapur yang kita desain.

Kalau cari yang elegan, melengkapi desain minimalis, Polytron punya koleksi kulkas Belleza yang bisa dipilih. Cari yang agak budget terjangkau, ada Polytron Belleza yang baru dilempar ke pasaran dengan tipe PRA 18DMY.

Kulkas Belleza ini hadir dengan design cantik. Look bagian luarnya elegan dengan Desain Tempered Glass Door. Selain itu, kulkas ini juga di bagian dalam memiliki konsep Tempered Glass Rack.

Kekuatannya bahkan 20 kali lebih kuat dari rak biasa. Terlebih kebanyakan kulkas sejenis di pasaran saat ini biasanya hanya menggunakan rak dari material plastik.

Tata Letak Barang
Jika temanya adalah minimalis, pilih perabotan yang tidak terlalu besar. Kulkas bisa yang satu pintu saja. Asal dalamnya lega dan mampu mengakomodir kebutuhan penyimpanan makanan dan minuman Anda, itu sudah cukup.

Hal ini dikarenakan, jika perabotan terlalu besar, maka ruang penyimpanan akan menjadi lebih sempit. Anda jadi butuh ruang ekstra untuk penyimpanan. Jadi selalu pilihlah perabotan yang tidak terlalu besar.

Kulkas Polytron Belleza PRA 18DMY misalnya sudah dibekali dengan fitur Jumbo Freezer. Selain freezer-nya yang praktis dengan fitur Semi Auto Defrost, Polytron Belleza PRA 18DMY juga makin fungsional dengan kapasitas 180 liter sehingga walaupun ukurannya satu pintu, dalamnya tetap lega.

Keunggulan lainnya dari Polytron Belleza PRA 18DMY ini juga memiliki Semi Auto Defrost. Fitur ini sangat berguna untuk mencairkan bunga es dengan satu tombol praktis tanpa perlu mematikan unit kulkas.

Sehingga kalau konsep dapur Anda adalah minimalis, bersih dan tidak ingin berantakan, kulkas ini cocok karena tidak perlu repot untuk mencairkan bunga es yang sering kali dalam prosesnya bikin dapur jadi kotor.

Sebisa Mungkin Manfaatkan Ruang Penyimpanan
Jika sudah ada kabinet, maka manfaatkanlah sebagai ruang penyimpanan serbaguna dengan baik. Dengan begitu, perabotan dan peralatan dapur bisa muat masuk ke dalam kabinet.

Dalam kabinet, buatlah rak-rak untuk menyimpan piring dan gelas. Tambahkan juga gantungan tambahan di dalam rak penyimpanan untuk menggantung panci serta wajan atau tempat lainnya seperti mangkuk es atau sebagainya.

Kalau ingin praktis dalam membuat dessert atau sajian dingin, dengan Polytron Belleza PRA 18DMY juga ada fitur Twist and Ice. Tempat es batu dengan fitur Twist and Ice dapat dengan mudah mengeluarkan es batu dengan satu kali putar saja.

Anda yang gemar minum dingin, bikin dessert yang butuh es cepat atau tiba-tiba ada tamu dan perlu es batu untuk melepas dahaga bisa dengan mudah menggunakan fitur ini. Twist and Ice, tinggal putar, es langsung keluar.

Kalau dapur sudah sesuai keinginan anda, desain dan look sudah oke, jangan lupa pastikan barang elektronik Anda bergaransi resmi. Untuk peace of mind pengguna, kulkas Polytron ini juga dijamin garansi panjang. Nggak perlu takut rusak, Polytron menjamin lemari pendingin ini dengan garansi lima tahun. Dapakan semua fitur lengkap dari Polytron Belleza PRA 18DMY di website resmi Polytron atau di e-commerce kesayangan Anda.

 

 

By admin