JawaPos.com–Warga yang belum mendapatkan vaksinasi dosis kedua jenis AstraZeneca bisa datang ke Lapangan Thor pada Sabtu (31/7). Dalam vaksinasi masal kali ini, pemkot menyediakan sebanyak 19 ribu vaksin AstraZeneca (AZ).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, vaksinasi dosis kedua itu diperuntukkan bagi warga yang telah mengikuti vaksin dosis pertama AZ. Karena itu, bagi warga Kota Pahlawan yang telah disuntik vaksin dosis pertama AZ, dapat datang dengan menunjukkan bukti vaksin pertamanya dari lokasi fasilitas kesehatan (faskes) di Surabaya serta foto kopi KTP.

”Kita buka mulai pukul 08.00 WIB dengan jumlah dosis sebanyak 19 ribu,” ujar Eri.

Bagi masyarakat yang berdomisili di Kota Pahlawan namun KTP luar Surabaya dan sudah menerima vaksin dosis pertama AZ, tetap bisa mengikuti suntik dosis kedua tersebut. Berdasar data, ada sekitar lebih dari 17 ribu masyarakat yang telah mengikuti dosis pertama AZ.

”Mudah-mudahan semua angka itu mencukupi dan ter-cover hingga 100 persen. Karena setelah itu, warga menerimanya lebih banyak pakai Sinovac,” papar Eri.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Surabaya itu berterima kasih kepada Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto. Sebab, Berkat bantuan Pangkoarmada II, Surabaya dapat segera melakukan vaksinasi massal dosis kedua AstraZeneca.

”Ini juga karena dukungan beliau. Matur nuwun Pak Panglima. Karena beliau tanggap kepada warga Surabaya, beliau membantu memberikan dosis AZ. Makanya, atas nama warga, saya berterima kasih sebanyak-banyaknya,” tutur Eri.

Sementara itu, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto menambahkan, vaksinasi masal dosis kedua itu dilakukan sesuai dengan jadwal vaksinasi. Tujuannya untuk mewadahi orang-orang yang dosis pertama demi percepatan pelaksanaan vaksinasi di Surabaya.

”Dengan waktu yang tepat ini bisa langsung dilaksanakan,” kata Laksda Iwan.

Apabila nanti jumlah tersebut kurang, Pangkoarmada II memastikan, akan berkoordinasi dengan pimpinan pusat untuk meminta tambahan vaksin Covid-19. Hal itu juga sudah disampaikan kepada wali kota pada saat bersama-sama meninjau vaksinasi masal di Lapangan Thor yang berlangsung sejak Kamis (29/7).

Pada kesempatan itu, Laksda Iwan menilai lokasi pelaksanaan vaksinasi di Lapangan Thor itu merupakan lokasi yang paling bagus yang pernah ditemuinya. ”Ini adalah adalah tempat paling bagus yang pernah saya lihat untuk pelaksanaan vaksinasi. Sehingga siapapun yang melaksanakan langsung cepat pelaksanaannya. Meskipun kalau yang berminat sangat banyak, tetapi kita bisa lihat pengaturan demikian bagus,” ucap Iwan.

By admin