JawaPos.com – Satria Muda Pertamina Jakarta akhirnya menelan kekalahan pertama di (IBL) musim 2023.

Tim juara bertahan itu ditekuk Dewa United Banten saat bermain di series keempat yang berlangsung di GOR Sritex Arena, Solo, Sabtu (25/2). Skornya 74-88.

Kekalahan perdana ini menjadi sinyal bahaya. Sebab, sebelumnya pemain asing Allen West mengundurkan diri dari tim yang berlaku pada Selasa (21/2).

Pemain yang dipilih pada putaran kedua IBL Draft November lalu itu memutuskan mengakhiri masa baktinya bersama SM Pertamina lebih awal dengan alasan kepentingan keluarga yang mendesak.

AJ West yang selama di SM Pertamina mengenakan kostum bernomor 25 sudah turun 10 pertandingan dengan rerata waktu bermain 16 menit.

Pemain yang sebelumnya sempat memperkuat Wesports Malaysia Dragons di ASEAN Basketball League pada 2019 tersebut menyampaikan niatnya untuk pulang ke Amerika Serikat setelah seri III IBL di Surabaya.

Pelatih SM Youbel Sondakh menyatakan, kehilangan pemain seperti West pasti berpengaruh bagi tim. Hanya, dia menegaskan bahwa bukan keluarnya West penyebab utama tim kalah oleh Dewa.

’’Terlalu gampang turn over. Terlalu bingung main basketnya. Tujuh atau delapan pemain mungkin tidak siap,’’ ujarnya setelah pertandingan kemarin.

Point guard SM Antoni Erga menambahkan, dari sisi pemain memang keluarnya West berpengaruh pada performa tim. Tetapi, justru di situlah tantangan tim agar tidak bergantung pada satu pemain.

’’Dari awal kami tidak solid. Kurang di defense. Mungkin next ada evaluasi dari pelatih,’’ ujarnya.

Youbel sendiri juga mengakui bahwa kekalahan pertama ini bakal menjadi pelajaran berarti bagi timnya. Sebab, dari beberapa pertandingan terakhir, dia menilai tim juga bermain kurang baik.

’’Puji Tuhan dikasih kekalahan musim ini. Memang kami tidak bisa mengandalkan keberuntungan di setiap game. PR kami fighting spirit kurang,’’ bebernya.

Kepulangan West yang mendadak tersebut menantang SM Pertamina untuk segera mencari pengganti, terutama di posisi center.

’’Kami tentu aktif mencari pemain pengganti untuk mengisi pos yang ditinggalkannya. Namun, kami tidak akan terburu-buru. Lagi pula, dengan kekuatan yang ada saat ini, kami masih percaya tetap mampu bersaing dengan kontestan-kontestan lain di liga,’’ ucapnya.

By admin