JawaPos.com – Perawatan mobil secara tepat dan teratur sangat penting untuk memastikan keamanan dan menghindari masalah di masa mendatang. Selain mesin dan bagian dalamnya, bodi dan bagian luar mobil pun juga penting untuk dirawat.

Sebagian pemilik mobil mungkin merasa bahwa perawatan rutin pada bodi mobil hanya cukup dengan membersihkan dan mencuci saja. Padahal perawatan seperti coating juga bermanfaat untuk menjaga keawetan bodi mobil.

Dijelaskan Ardi Juliano Gunawan selaku Founder perusahaan salon mobil Otopia, coating adalah proses menambahkan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Tujuannya agar tampilan warna mobil selalu terlihat baru dan berkilau, juga terlindungi.

“Ada berbagai jenis coating mobil yang tersedia di pasaran, tapi kalau mencari coating yang awet dan tahan lama untuk mobil, treatment nano ceramic coating bisa jadi pilihan yang bagus. Ini termasuk coating yang relatif baru dan kian populer di industri otomotif,” kata Ardi di salah satu workshop-nya yang terletak kawasan Ciater, Tangerang Selatan.

Ditambahkan Ardi, treatment nano ceramic coating sendiri menggunakan material yang terbuat dari partikel keramik yang sangat kecil. berukuran nano, inilah mengapa perawatan kendaraan ini disebut sebagai nano ceramic coating.

Jenis coating ini membentuk ikatan dengan permukaan cat mobil sehingga memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap goresan-goresan ringan akibat kotoran, air, dan kontaminan lain yang bisa merusak lapisan cat mobil.

Selain tahan gores, nano ceramic coating juga memiliki ketahanan yang kuat terhadap sinar Ultraviolet (UV) dan faktor lingkungan lain yang dapat menyebabkan pemudaran dan kerusakan pada lapisan cat mobil.

Dengan perawatan yang tepat, penggunaan nano ceramic coating dapat bertahan lama dan membantu menjaga mobil terlihat baru selama bertahun-tahun. “Nano ceramic coating berfungsi sebagai lapisan depan untuk melindungi lapisan cat asli mobil agar selalu dalam kondisi baik,” imbuh Ardi.

Dirinya juga menjanjikan, jika konsumen melakukan treatment tersebut pada kendaraannya akan menampilkan hasil akhir kilau permanen yang bahkan bisa terlihat lebih kinclong daripada mobil baru. “Ini bisa membantu pemilik mobil yang ingin menjual kembali mobilnya dengan harga yang lebih baik, tanpa perlu mengeluarkan biaya perbaikan cat yang mahal,” tutur Ardi.

Ardi mengungkapkan bahwa saat ini ultimate nano ceramic coating merupakan jenis coating yang menjadi produk unggulannya di bengkel yang digawanginya. Ultimate nano ceramic coating adalah nano ceramic coating terbaik yang ada di pasaran karena menawarkan tingkat perlindungan tertinggi terhadap semua elemen, termasuk sinar UV, bahan kimia, keausan fisik, dan bahkan suhu ekstrem.

“Bahan coating kami diimpor langsung dari Jepang dengan harga paket mulai dari Rp 1,5 juta. Kualitas yang dihasilkan tidak kalah dengan paket coating di tempat lain yang biasanya dijual 2-3 kali lipat dari harga yang ditawarkan,” tegasnya.

By admin