JawaPos.com – Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Islandar alias Cak Imin mengungkapkan, perkembangan teknologi dan industri hiburan saat ini menjadikan masyarakat gemar menikmati seni modern. Hal ini diketahui, usai Muhaimin menemui para Seniman di Madiun, Jawa Timur, Rabu (22/2).

Menurutnya, pekerja seni tradisional mengeluh karena kini kurang diminati masyarakat. Hal ini seiring berkembangnya teknologi yang juga menggeser seni tradisional.

“Industri hiburan sudah sangat jauh berkembang bersamaan dengan perkembangan teknologi dan zaman. Semakin banyak pilihan seni yang menjadi hiburan masyarakat saat ini. Semakin meninggalkan seni-seni tradisional kita,” kata Muhaimin kepada wartawan, Kamis (23/2).

Hal itu diamini oleh salah satu seniman tradisional yang bernama Cak Tawar. Menurutnya, minimnya minat masyarakat terhadap pentas seni ludruk, membuat para seniman sulit memiliki pendapatan.

“Sekarang ini orang makin jarang nanggap (mengundang) ludruk, imbasnya kami mengalami penurunan pendapatan karena jarang manggung (main ludruk),” keluh Cak Tawar.

Ketua Umum PKB ini lantas meminta para kadernya untuk bersimpati kepada para pelaku seni tradisional. Ia kemudian menghubungi Bupati Sidoarjo, Ahmad Muchdhor, yang merupakan kader PKB untuk bisa mengundang ludruk dalam acara yang digelar Pemkab Sidoarjo.

“Saya minta Pak Bupati sering-sering ngundang ludruk di Sidoarjo,” ungkap Cak Imin.

Gus Muhaimin juga meminta publik dan anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sidoarjo untuk mengundang ludruk dalam acara yang digelar di dapil masing-masing. “Anggota DPRD PKB piro (berapa)? Sampaikan untuk sering ngundang seniman ludruk,” pungkas Cak Imin.

By admin