JawaPos.com – Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menyentil Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta baru Joko Agus Setyono, yang meloloskan anggaran pengadaan mobil dinas listrik seharga Rp 800 juta per unitnya. Tahun ini, Pemprov DKI berencana membeli 21 unit mobil listrik itu untuk menjadi Kendaraan Dinas Operasional (KDO) pejabat DKI.

Menurutnya, Joko Agus seharusnya dapat mencegah hal itu terjadi. Sebab, anggaran yang besar untuk pengadaan mobil listrik untuk KDO itu tidak penting dibanding untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Sekda baru yang selama ini bekerja di sisi hilir (pengawasan) dan sekarang bertugas di hulu sebagai pelaksana (yang diawasi) menjadi pertanyaan mengenai pemahamannya terhadap penggunaan anggaran yang berpihak kepada masyarakat,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (22/2).

Gilbert menuturkan bahwa seharusnya Sekda DKI sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dapat memastikan anggaran yang keluar dari APBD DKI adalah untuk kepentingan warga yang lebih luas. Menurutnya, anggaran untuk pengadaan mobil listrik itu lebih baik digunakan untuk bangun hunian untuk warga Jakarta.

“Anggaran yang digunakan juga lebih menyentuh bila digunakan untuk masyarakat yang tidak memiliki hunian layak,” tegas politikus PDI-P itu.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan 21 unit mobil listrik untuk kendaraan dinas Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah, dan Asisten Daerah DKI Jakarta.

“Untuk asisten sekda, sekda, inspektorat, Bappeda,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta Reza Pahlevi saat dihubungi wartawan, Senin (20/2).

Reza menerangkan bahwa harga mobil listrik ini sangat mengocek anggaran DKI. Pasalnya, mobil listrik ini berharga Rp 800 juta per unitnya.

Namun begitu, ia mengatakan bahwa perlu untuk merevisi Peraturan Kepala Daerah (Perkada) terlebih dahulu untuk mengadakan Kendaraan Dinas Operasional (KDO) mobil listrik tersebut.

“Cuma kan nunggu Perkada itu. Pergubnya. Ini kan harus dibawa ke Kemendagri juga,” jelas Reza.

By admin