JawaPos.com- Peminat siswa eligible yang mendaftar jalur golden ticket Universitas Airlangga (Unair) begitu tinggi. Baru empat hari dibuka sejak 17 Februari, pendaftar jalur khusus tersebut sudah mencapai 106 siswa. Jumlah itu diprediksi akan terus meningkat.

Kepala Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Dr Achmad Solihin menyatakan, saat ini semua siswa yang memiliki prestasi luar biasa bisa segera mendaftar jalur golden ticket Unair. Pendaftaran masih berlangsung hingga 1 Maret. ’’Data ter-update, pendaftar golden ticket 106 siswa. Ini masih empat hari setelah pendaftaran resmi dibuka,’’ katanya kepada Jawa Pos kemarin (20/2).

Jalur golden ticket, lanjut Solihin, merupakan salah satu kesempatan besar bagi siswa untuk bisa diterima di Unair. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar jalur golden ticket. Di antaranya, peserta adalah siswa eligible seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP).

Selain itu, siswa harus memilih program studi (prodi) pilihan satu di Unair. Terakhir, harus memiliki prestasi luar biasa. ’’Jalur golden ticket ini ikut dalam SNBP. Jadi, syaratnya harus mendaftar SNBP dan memilih Unair sebagai pilihan 1,’’ lanjut dia.

Solihin menambahkan, peserta harus memiliki prestasi luar biasa. Prestasi luar biasa tersebut bisa nonakademik tingkat nasional atau internasional, organisasi/kepemimpinan, maupun keagamaan. ’’Prestasi yang dimiliki harus linier dengan prodi yang dipilih,” kata dia.

TENTANG GOLDEN TICKET UNAIR

– Pendaftaran: 7 Februari–1 Maret hingga pukul 15.00

– Pendaftaran melalui eduexpo.unair.ac.id/site/golden

– Syarat:

1. Mengikuti Airlangga Education Expo (AEE) 2023

2. Memiliki kartu peserta SNBP dengan pilihan prodi 1 di Unair

3. Memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik atau nonakademik

Sumber: Unair

By admin