beritaterkini. co. id-TABANAN | Bergulirnya pilkada serentak 2024 di Kabupaten Tabanan, Pelaksana Tugas atau Plt Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, kembali menegaskan serta menjamin netralitas aparatur sipil negara atau ASN dalam Pilkada serentak 2024.

Untuk memastikan netralitas ASN di Pilkada Tabanan tersebut, Bupati Tabanan I Made Edi Senin (7/10) mengatakan, Pemerintah kabupaten Tabanan (Pemda) Tabanan telah melakukan langkah kordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) hingga para asisten di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan.

“Sesuai Surat Edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri). ASN harus netral.Dari kordinasi tersebut secara garis besar (ASN) tetap menjaga netralitasnya,” ujar Edi Wirawan.

Edi Wirawan menjelaskan, selain menjaga netralitasnya, ASN juga memiliki hak pilih dalam tiap hajatan politik termasuk Pilkada 2024. “Karena hak mereka untuk memilih, langsung, umum, bebas, dan rahasia. Tidak boleh kelihatan berpihak. Pilih sesuai visi misi dari pasangan calon itu sendiri ketika itu dianggap mewakili pikiran sendiri,” kata Edi.

Pelaksana Tugas atau Plt Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan menambahkan, sejauh ini sampai dengan berjalannya masa kampanye para paslon, jajaran ASN di lingkungan Pemkab Tabanan di jamin mematuhi aturan sesuai dengan aturan yang tertera di Surat Edaran Mendagri.

“Sejauh ini, saya rasa di Tabanan, ASN mematuhi edaran Mendagri itu. Sebab, salah satu tugas saya sebagai Plt Bupati adalah menjaga netralitas ASN itu,” tambahnya.

Selain memantau netralitas ASN, Plt Bupati Tabanan melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang di dalamnya terdapat unsur TNI/Polri guna memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan dengan baik, lancar, dan aman.

“Semoga Pilkada Tabanan dapat berjalan aman dan lancar, tidak ada gesekan yang terjadi,” ujar Edi. (kyn)

Artikel Plt Bupati Tabanan Jamin Netralitas ASN di Pilkada Serentak 2024 pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin