Palembang, beritaterkini.co.idYayasan Bantuan Hukum Sumatera Selatan Berkeadilan (YBH SSB) menggelar pelantikan pengurus DPC Kota Palembang serta peringatan Dies Natalis ke-2 YBH SSB sekaligus Penganugerahan Tokoh Sumatera Selatan.

Acara ini berlangsung di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Sabtu (31/08/24) dan dihadiri oleh pendiri sekaligus dewan pembina YBH SSB, Sofhuan Yusfiansyah, S.H., MH., Anggota Komisi II DPR RI sekaligus Dewan Kehormatan, Wahyu Sanjaya, tamu kehormatan, Nandriani Octarina, S.Psi., CHA.,

Ketua Karang Taruna Provinsi Sumsel, Yudha Novahza Utama, Ketua Umum YBH SSB, M. Sigit Muhaimin, SH., MH,
serta berbagai tokoh masyarakat, praktisi hukum, bahkan perwakilan dari 18 kecamatan dan 107 kelurahan di Kota Palembang dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum YBH SSB, M. Sigit Muhaimin, SH., MH secara resmi melantik sebanyak 30 orang pengurus YBH SSB DPC Kota Palembang.

Ketua Umum YBH SSB, M. Sigit Muhaimin, SH., MH mengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan baru dan berharap mereka dapat mengemban amanah dengan baik.

“Pelantikan ini menjadi momentum penting bagi kita untuk merekonstruksi arah gerak organisasi ke depan. Dengan pengurus baru, saya yakin YBH SSB akan semakin solid dalam memberikan bantuan hukum yang berkeadilan dan mampu menghadapi tantangan hukum yang semakin kompleks,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan peringatan Dies Natalis ini sebagai refleksi atas perjalanan 2 Tahun YBH SSB dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Kami berharap, melalui kepengurusan baru ini, YBH SSB dapat terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata dalam memperjuangkan keadilan hukum di Sumatera Selatan,” tambahnya.

Ketua YBH SSB DPC Kota Palembang, Kurniadi, S.H., menyampaikan visinya menjadikan YBH SSB ini sebagai garda terdepan atau benteng keadilan bagi kaum marginal yang sering kali terpinggirkan dari sistem hukum.

“Pelantikan ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi merupakan langkah konkret untuk mendekatkan layanan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. Banyak kaum marginal dan kelompok terpinggirkan yang masih kesulitan mendapatkan keadilan,” ujar Kurniadi.

Lebih Lanjut, Kurniadi, menekankan pentingnya peran YBH SSB DPC Kota Palembang dalam memastikan bahwa keadilan bukanlah hak istimewa segelintir orang, tetapi milik setiap warga negara, termasuk mereka yang berada di garis marginal.

“Kami menyaksikan banyak saudara-saudara kita yang terpinggirkan, yang tidak tahu kemana harus mencari keadilan. YBH SSB hadir untuk membuka pintu itu bagi mereka,” ujar Kurniadi dengan penuh keyakinan.

Sebagai bukti nyata dari komitmen tersebut, maka pihaknya akan segera meluncurkan program penyuluhan hukum gratis yang akan menjangkau seluruh Kecamatan dan Kelurahan hingga tingkat RT yang ada di kota Palembang.

“Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang hak-hak hukum mereka, sekaligus memberikan solusi konkret bagi mereka yang terjebak dalam masalah hukum tanpa tahu harus berbuat apa,”ungkapnya.

Tak berhenti di situ, Kurnaidi menuturkan YBH SSB Kota Palembang juga berencana memperluas jangkauan layanannya dengan membentuk kepengurusan di setiap Kecamatan dan Kelurahan di Kota Palembang.

“Dalam waktu dekat, akan dilantik pengurus di 18 kecamatan dan 107 kelurahan untuk memastikan setiap warga, di mana pun mereka berada, memiliki akses yang setara terhadap keadilan,”beber Kurniadi.

Perayaan Dies Natalis ke-2 ini juga ditandai dengan Penganugerahan Tokoh Sumatera Selatan, penghargaan yang diharapkan mampu menginspirasi masyarakat dan memperkuat komitmen terhadap keadilan sosial.

Penghargaan ini diberikan kepada individu yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam memajukan hukum dan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Selatan.

Melalui pelantikan ini, YBH SSB DPC Kota Palembang diharapkan dapat memperluas jangkauan dan pengaruhnya, mengoptimalkan layanan hukum, dan mendukung masyarakat yang kurang beruntung dalam memperjuangkan keadilan.

“Kami berkomitmen untuk terus berjuang dengan dedikasi tinggi, memberikan layanan hukum yang adil dan merata di seluruh pelosok Palembang,” pungkas Kurniadi.

Sementara itu, dalam arahannya, Dewan Pembina YBH SSB, Sofhuan Yusfiansyah, S.H., MH., menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur YBH SSB hingga ke tingkat kelurahan. Ia menegaskan, perluasan ini akan memperkuat akses masyarakat terhadap layanan hukum yang adil dan merata.

“YBH SSB Kota Palembang harus hadir di setiap kelurahan agar semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan bantuan hukum yang mereka butuhkan khususnya bagi masyarakat Kota Palembang,” ujarnya. ,(**)

Artikel YBH SSB Gelar Pelantikan Pengurus DPC Kota Palembang serta Peringatan Dies Natalis Ke-2 pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin