JawaPos.com – Apple pada Rabu (9/3) dini hari resmi merilis perangkat iPhone SE terbaru mereka. Perangkat ini tampil dengan wajah dan tampilan yang tak banyak berubah dan terkesan begitu-begitu saja. Disebut sebagai iPhone SE 2022, handset ini hadir sebagai smartphone 5G termurah dari Apple sekaligus paling mutakhir di kelasnya.

Kendati secara tampang memang nggak banyak berubah jika disandingkan dengan iPhone SE generasi kedua yang hadir pada 2020 lalu, Apple berdalih desain dari perangkat kali ini adalah desain yang ikonik.

Kaiann Drance, wakil presiden Apple untuk Pemasaran Produk iPhone di Seluruh Dunia menyebut, iPhone SE telah menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan pengguna mereka yang sudah ada dan pelanggan iPhone baru, berkat desainnya yang ikonik, kinerja yang luar biasa, dan harga yang terjangkau.

“Tahun ini kami telah membuat iPhone SE yang paling kuat dan tahan lama, dengan masa pakai baterai yang lebih baik berkat A15 Bionic, chip yang sama dengan jajaran iPhone 13 kami yang juga membuka fitur kamera canggih seperti Smart HDR 4, Gaya Fotografi, dan Deep Fusion,” ujar Drance di panggung acara Apple.

Dengan 5G, iPhone SE 2022 ini diklaim bakal memberi pengguna pengunduhan dan pengunggahan lebih cepat, streaming video berkualitas lebih tinggi, interaktivitas real-time dalam aplikasi, dan banyak lagi. “Menghadirkan teknologi dan kinerja generasi terbaru dengan harga ini adalah sesuatu yang hanya dapat dilakukan oleh Apple,” lanjut Drance.

Soal spesifikasi, dimulai dari area layar, iPhone SE 2022 mengusung desain lawas dengan hadir membawa layar Retina HD 4,7 inci dengan perlindungan ceramic shield seperti iPhone 13. Terkesan jadul, masih terdapat juga tombol Home ikonik di bawah layar yang menyatu dengan sensor Touch ID.

Pada sektor fotografi, smartphone baru Apple ini memiliki kamera belakang 12 MP yang mampu melakukan perekaman video 4K dengan fitur seperti Smart HDR 4, Photographic Styles, Deep Fusion, dan mode Potret dari iPhone 13, dan kamera depan 7 MP dengan perekaman video HD 1080 p.

Untuk ketahanan perangkat, iPhone SE 2022 juga memiliki peringkat IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Spesifikasi lainnya, iPhone SE 2022 punya koneksi 5G, 4G LTE, WiFi 6, Bluetooth 5 dan NFC.

Seperti juga sudah disinggung di atas, iPhone SE 2022 hadir dengan chipset Apple A15 Bionic. Handset ini dilempar ke pasaran dengan opsi penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB dan bersanding dengan sistem operasi atau OS iOS 15.

IPhone SE hadir dalam tiga warna, yakni hitam, putih dan merah. Ponsel ini mulai bisa dipesan 18 Maret dengan harga mulai dari USD 429 atau kisaran Rp 6,2 juta.

By admin