JawaPos.com – Sosok model muda asal Surabaya, Jawa Timur, Rizal Rama, menjadi sorotan publik di panggung pekan mode. Sekali melangkah go internasional sejak awal tahun 2022, Rizal Rama langsung mencicipi 3 panggung mode Eropa skala dunia sekaligus. Sebut saja Milan Fashion Week, London Fashion Week, dan Paris Fashion Week.

Jebolan Icon Jakarta Fashion Week 2021 itu mengungkapkan bagaimana perasaannya sejauh ini sudah sampai di puncak karirnya di usia muda. Menurutnya, inilah mimpinya.

“Saya memang punya cita-cita travelling ke seluruh dunia. Akhirnya kesampaian lewat modelling, sambil kerja,” katanya tertawa saat berbincang dengan JawaPos.com, Selasa malam (8/3).

Menurutnya, ketika baru kali pertama menginjakkan kaki di Eropa dalam karirnya di dunia mode, pada Januari 2022 saat itu Rizal harus menyesuaikan diri secepat mungkin. Di tengah perubahan suhu dengan di tanah air, ia pun berusaha untuk bisa beradaptasi dengan cepat dengan ritme kerja dunia model profesional skala dunia.

Salah satunya adalah sikap atau attitude. Menurutnya, sifat dan karakter para model dan semua yang bekerja di balik layar panggung mode dunia tentu jauh lebih disiplin. Sehingga saat menyesuaikan diri, sikap atau attitude adalah yang utama.

Attitude itu pasti, menyesuaikan diri, yang saya lihat klien, makeup artist, hair stylist, model, semua orang di sana straight to the point ya. Dan enggak banyak basa basi. Ada juga yang bisa diajak main. Selama di Eropa saat bekerja, saya jadi diri sendiri saja. Saya tetap sopan, be nice, humble. Karena akan dilihat juga ke depannya kalau kerja dengan klien lain,” jelas Rizal.

Terkait senioritas kepada model junior atau model baru dari berbagai belahan dunia, Rizal tak terlalu peduli dengan hal itu. Ia hanya menunjukkan kualitas dan kinerja.

“Saya enggak merasa melihat senioritas ya. Ya dibawa enjoy, open minded, karena kalau saya selalu melihat ke arah situ bisa jadi down, bisa jadi enggak bisa kerja,” jelasnya.

Orang Tua Sempat Ragu

Awal karirnya, ia mengawali dunia model sejak 2017 di Surabaya. Ketika itu, saat ia memutuskan fokus di dunia model, orang tua sebetulnya agak ragu.

“Ya saat itu kan masih SMA. Biasa pada umumnya orang tua inginnya anaknya kuliah. Tetapi saya buktikan bahwa saya bisa profesional dan serius di dunia model ini,” kata anak bungsu dari 4 bersaudara itu.

Akhirnya, ia memutuskan untuk merantau ke Jakarta dan menetap di Jakarta tahun 2019. Ia juga kemudian terpilih sebagai icon Jakarta Fashion Week 2021.

By admin