JawaPos.com – Menyontek adalah salah satu tindakan curang yang kerap saja ditemukan di dunia pendidikan Indonesia. Ironinya, praktik ini terjadi sejak jenjang Sekolah Dasar (SD), bahkan hingga perguruan tinggi.

Kini Roboguru hadir sebagai solusi untuk memecahkan masalah ini. Para siswa diharapkan dapat memanfaatkan fitur ini sehingga bisa semakin percaya diri dalam menyelesaikan soal sekolah.

Roboguru mengidentifikasi munculnya kompetisi di sekolah karena ada anggapan bahwa sukses dalam kehidupan, anak-anak kita harus mendapatkan nilai terbaik di kelasnya. Akibat tekanan tersebut, mendorong anak-anak untuk menghalalkan segala cara termasuk menyontek.

Hasil penelitian berjudul Cheating in Academic Institutions, A Decade of Research yang dilakukan oleh peneliti dari Pennsylvania State University pada 2016 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah pelajar yang menyontek dari tahun ke tahun. Pelakunya bahkan tidak saja murid dengan kepandaian biasa-biasa saja, tetapi juga dilakukan oleh murid cerdas dan aktif dalam kegiatan di sekolahnya.

Para siswa diketahui menyontek karena takut gagal, apalagi jika ada ekspetasi tinggi dari orang tuanya. Menyontek juga bisa karena kurangnya minat, hingga tekanan besar dari guru dan orang tua untuk menyelesaikan tugas hingga bersaing meraih rangking.

Dari fenomena tersebut, Roboguru merupakan fitur pemecah masalah yang membantu siswa menemukan jawaban atas pertanyaan mereka. Fitur ini dapat diakses melalui 3 metode. Yakni aplikasi ruangguru, web roboguru.ruangguru.com, dan WhatsApp 081578150000 secara gratis.

Roboguru dapat digunakan untuk menanyakan soal dari semua mata pelajaran dari berbagai jenjang (SD/SMP/SMA/UTBK dan STAN). Siswa cukup upload foto atau ketik soal yang ingin ditanyakan. Lalu pilih jenjang dan mata pelajaran yang sesuai.

Pembahasan soal detail akan muncul dalam bentuk gambar. 10 rekomendasi soal-soal yang mirip, serta rekomendasi video pembahasan dan rangkuman konsep mengenai materi terkait di aplikasi Ruangguru. Dengan fitur yang ada didalamnya, Roboguru dapat mengurangi kebiasaan tindakan copy paste yang sering dilakukan.

Jika user belum mendapatkan jawaban yang sesuai, terdapat pilihan untuk unggah soal, sehingga Master Teacher Roboguru dapat membantu menjawab soal tersebut. Di Roboguru juga terdapat forum tanya jawab soal di mana siswa bisa mengajukan pertanyaan dan menjawab soal yang diajukan siswa lainnya.

By admin