JawaPos.com-Babak 16 besar Liga 3 siap bergulir. Pemilihan venue dan drawing grup sudah dilakukan kemarin. Untuk venue, PSSI menunjuk dua tempat. Yakni, Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, dan Gelora Delta, Sidoarjo.

Meski begitu, Gresik United dan Deltras Sidoarjo tidak mendapat keuntungan. PSSI memastikan kedua tim bakal bertukar ’’kandang’’. Gresik United akan berlaga di Stadion Gelora Delta, sedangkan Deltras bermain di Stadion Gelora Joko Samudro.

’’Karena memang PSSI yang jadi tuan rumah. Kami hanya menyediakan tempat,’’ kata Toriqi Fajerin, manajer Gresik United, kepada Jawa Pos.

Total ada empat grup dalam babak 16 besar. Grup AA dan BB bermain di Gresik, sedangkan grup CC dan DD di Sidoarjo. Gresik United tergabung di grup DD. Meski harus bermain di Sidoarjo, tim berjuluk Laskar Joko Samudro itu tidak keder.

’’Karena pada babak delapan besar Liga 3 Jatim kami pernah bermain di Sidoarjo. Anak-anak tahu bagaimana karakter lapangan dan atmosfer di sana (Gelora Delta),’’ ungkap pria yang akrab disapa Kaji Riki tersebut.

Deltras juga tidak masalah jika harus bermain di Gresik. ’’Kami tahu ini (babak 16 besar) akan jadi perjalanan yang tidak mudah. Tapi, kami yakin, dengan kekompakan tim dan doa suporter, Deltras akan bisa meraih satu tiket ke Liga 2,’’ tegas Asisten Manajer Deltras Miftahul Fahamsyah.

Yang beruntung justru Putra Delta Sidoarjo (PDS). Mereka tetap bermain di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. ’’Alhamdulillah kami (PDS) bisa bermain di Sidoarjo. Ini cukup bagus, tinggal adaptasi cuaca saja. Karena kami sebelumnya bermain di Tangerang dan Bandung,’’ kata asisten pelatih PDS Asari saat dihubungi Jawa Pos.

Dia pun menilai, faktor bermain di ’’kandang’’ bisa jadi penentu promosi ke Liga 2. Nantinya, ada delapan tim yang promosi ke Liga 2. Dua tim teratas dari setiap grup otomatis akan naik divisi.

Cuma, bukan perkara mudah untuk promosi ke Liga 2. Gresik United sudah dinanti lawan berat. Laskar Joko Samudro akan bersaing dengan PSGC Ciamis, Mataram Utama, dan Persidago Gorontalo.

Nama terakhir adalah tim yang mengalahkan Gresik United di babak 32 besar. Saat itu Gresik United kalah 0-1 (16/2). Kekalahan tersebut justru memotivasi pemain untuk melakukan revans. ’’Tim pelatih sudah melakukan evaluasi pasca kekalahan itu. Kami siap fight,’’ tegas Kaji Riki.

Pelatih Gresik United Khusairi juga terus melakukan pembenahan. Beruntung, ada waktu dua pekan bagi semua tim untuk melakukan persiapan.

’’Jelas waktu persiapan yang panjang jadi keuntungan. Tim kami masih butuh perbaikan, terutama soal defending. Banyak kesalahan berujung gol yang masih terulang,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Soal lawan, dia tidak banyak berkomentar. ’’Semua lawan pasti bagus. Tapi, semua tim bisa dikalahkan,’’ tambahnya.

Bagaimana dengan Deltras? The Lobster berada di grup AA. Akan ada derbi Jatim. Sebab, Deltras satu grup dengan Persedikab Kabupaten Kediri. Pelatih Deltras Mamak Alhaddad jelas tahu bahwa Persedikab bisa jadi ancaman. Apalagi, sebagai sesama tim Jatim, akan ada adu gengsi.

’’Kalau memang harus bertemu, ya kami akan main sebaik mungkin. Selain dari Jawa Timur, tim lainnya patut diwaspadai,’’ jelas Mamak.

Deltras dipastikan tanpa Wahyu Jati pada laga perdana. Pemain berposisi bek kanan itu absen akibat akumulasi. Meski selalu jadi pilihan utama, Mamak tidak bingung mencari pengganti Wahyu Jati.

Masih ada Iksan Lestaluhu dan Ryandito Afazel yang siap jadi pengganti. ’’Tinggal kami tentukan siapa nanti yang lebih siap bermain,’’ terang mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Hasil Drawing Babak 16 Besar Liga 3

Grup AA
Deltras Sidoarjo
Persedikab Kabupaten Kediri
PSDS Deli Serdang
PS Palembang

Grup BB
Karo United
Persikab Kabupaten Bandung
PS Siak
Serpong City FC

Grup CC
Putra Delta Sidoarjo
Farmel FC
Persikota Tangerang
Persipa Pati

Grup DD
PSGC Ciamis
Gresik United
Persidago Gorontalo
Mataram Utama

NB:
Grup AA dan BB bermain di Gresik
Grup CC dan DD bermain di Sidoarjo

By admin