Kondisi pandemi yang memaksa orang lebih banyak berkegiatan di rumah menjadi keseruan tersendiri bagi pasangan selebriti Edward Akbar dan Kimberly Ryder.

Edward dan Kim, sapaan akrab keduanya, kini menghabiskan waktu senggang mereka bersama ikan-ikan goldfish yang mereka pelihara.

—————————————————————————————————————————————–

LEBIH dari sekadar hobi, Edward dan Kim juga mendapat keuntungan lantaran koleksi ikan yang mereka pelihara dipinang banyak peminat ikan hias.

’’Sebetulnya, memelihara ikan jadi hobi saya sejak lama. Awalnya karena dulu mama suka pelihara banyak jenis hewan di rumah, termasuk ikan,’’ tutur Edward saat berbincang dengan Jawa Pos.

Dia kemudian tekun mempelajari cara memelihara sekaligus mengembangbiakkan ikan mas koki. Keinginan untuk berbisnis ikan itu semakin kuat saat pandemi mulai melanda.

Pada awalnya, Edward memulainya dengan beberapa ekor dengan jumlah tangki 4–7 buah. Hingga kini, dia sudah menambah koleksinya menjadi belasan tangki.

’’Ternyata, setelah mencoba, makin percaya diri karena aku memang serius mempelajari cara breeding dan pelihara ikan mas koki,’’ urainya.

Passion Edward itu lantas menular kepada Kimberly. Dari yang awalnya hanya penikmat, kini Kimberly ikut sibuk menangani berbagai aktivitas perawatan.

Kimberly Ryder sedang membersihkan dasar tank dengan siphon. (IG kimberlygoldfish)

’’Awal suka pasti sama dengan kebanyakan orang lain karena ikan mas koki punya bentuk dan wajah yang lucu. Kemudian, karena sering lihat dan bantu Edward ngurusin ikan, jadi keterusan dan suka,’’ beber Kim.

Edward dan Kim memilih melakukan breeding pada beberapa jenis goldfish. Di antaranya, ranchu, oranda, dan lionhead. Edward sedikit berbagi tips mengenai prinsip merawat ikan-ikan koki. Menurut dia, yang terpenting adalah merawat air yang digunakan sebagai media pemeliharaan.

’’Kalau kita bisa telaten menjaga kualitas airnya, pertumbuhan ikan juga akan terjaga,’’ urai Edward.

Selain fokus soal kualitas air, Edward menyatakan bahwa dirinya tak pernah mencampur koleksi goldfish-nya dengan jenis ikan yang lain.

Edward Khan menyortir anakan koki ranchu untuk menjaga kualitas. (IG Kimberlygoldfish)

’’Sebetulnya, dia bisa jadi tankmate ikan manfish, juga dengan ikan sapu-sapu untuk membersihkan lumut. Namun, ada risiko melukai si goldfish, makanya kami fokus taruh dia sendirian di tangki,’’ urai Edward. Dekor-dekor bebatuan juga dibuat seminimal mungkin agar bisa fokus ke kualitas air dan ikannya.

Melalui akun @kimberlygoldfish di platform Instagram, Edward dan Kim memamerkan koleksi ikan mas kokinya di rumah. ’’Kami mengirim ikan-ikan ke berbagai tempat, baik yang di dalam maupun luar Jabodetabek,’’ ujar Kim.

Bahkan, menurut Kim, banyak di antara konsumennya tersebut yang melakukan repeat order karena ikan mas koki rawatan Edward berkualitas bagus.

’’Karena mereka tahu ikan di kami itu karakternya bagus, sehat-sehat. Makanya, mereka jadi langganan,’’ pungkasnya.

By admin