JawaPos.com–Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku bersyukur atas capaian 70 persen dari total warga yang telah tervaksin. Sebelumnya, Surabaya dan Mojokerto disebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai dua kota yang telah mencapai herd immunity. Sebab, kedua wilayah itu telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada 70 persen dari total warga.

Wali Kota Eri bersyukur vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 70 persen sebelum vaksin habis saat ini.

”Insya Allah, Surabaya itu mungkin sudah 70 persen. Kemarin (6/8) sudah 68 sekian persen,” ujar Eri.

Capaian itu, menurut dia, menjadi starting point dari langkah berikutnya. Yakni vaksinasi bagi wilayah aglomerasi lainnya.

”Seharusnya aglomerasi juga. Kalau Surabaya 70 persen tapi Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto belum. Berarti sama saja,” beber Eri.

Untuk itu, menurut Gubernur Khofifah Indar Parawansa, wilayah Surabaya Raya akan menjadi fokus lanjutan vaksinasi Covid-19. Bila Surabaya sudah mendapatkan banyak stok vaksin, wilayah lain di Surabaya Raya bisa menjadi fokus baru.

”Nanti Surabaya digerebek selesai. Selanjutnya kita akan gerebek Sidaorjo, Gresik, Mojokerto. Nanti vaksinator dari tenaga kesehatan Surabaya,” ujar Khofifah.

Dia menambahkan, kondisi itu, sebagai bukti bahwa Jawa Timur merupakan satu kesatuan. Artinya, bila Surabaya mencapai target vaksin tertentu, wilayah lain juga harus sama.

”Karena Jawa Timur ya jadi satu. Kalau Surabaya tok lainnya nggak, tetap berbahaya,” terang Khofifah.

By admin