JawaPos.com – Hal suram terus membayangi sepak bola Tanah Air, tak terkecuali kompetisi Liga 1 yang bisa saja terhenti jika FIFA memberikan hukuman berat kepada PSSI usai Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, mengatakan jika sepak bola Indonesia kena banned FIFA, maka kompetisi Liga 1 Indonesia bisa terhenti. Situasi itu makin memperparah situasi, karena banyak orang yang bekerja di dunia sepak bola bakal menganggur.

“Kalau kita dibanned, berarti kita tidak bisa ikuti semua pertandingan yang dilaksanakan FIFA,” kata Zainudin Amali.

Zainudin Amali mengatakan sanksi FIFA sangat mempengaruhi kompetisi sepak bola di Indonesia. Bahkan, liga Indonesia bisa terhenti.

“Tentu akan berpengaruh di kompetisi dalam negeri. Kan biasanya berujung ke kompetisi internasional untuk timnas Indonesia. Bertanding di luar negeri. Kalau itu sudah tidak, kan terhenti juga untuk tim nasional kita. Itu akan berpengaruh ke kompetisi,” kata Zainudin.

FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ini menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Rabu (29/3/2023).

Mereka menyebut akan mengumumkan tuan rumah pengganti Indonesia dalam waktu dekat. “FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis pernyataan resmi FIFA. “Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah,” jelasnya.

Dalam keterangannya, FIFA juga berpotensi menjatuhi sanksi kepada Indonesia. Namun, belum diketahui apa yang terjadi kepada sepak bola Tanah Air. “Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” sambung pernyataan tersebut.

By admin