JawaPos.com – Agustin Wulandhari terkejut ketika melihat namanya tercantum dalam tim putri voli indoor Indonesia proyeksi SEA Games Kamboja 2023.

’’Karena susah. Beberapa tahun aku vakum kan, setelah 2019,’’ ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Ya, kali terakhir kapten Jakarta Pertamina Fastron (JPF) itu memperkuat timnas di SEA Games edisi Filipina 2019. Saat itu timnas merebut perunggu.

Nah, setelah kembali dipanggil membela tim Garuda, pemain 31 tahun itu harus lebih menjaga kondisi fisiknya.

’’Kemarin habis Proliga aku full recovery ini ya. Jadi siap digembleng lagi karena waktunya sedikit menuju SEA Games. Bismillah, mudah-mudahan target tercapai,’’ harapnya.

Perihal target, Agustin menilai, salah satu yang realistis adalah medali perak atau perunggu. Dia menyebutkan, Thailand merupakan tim terberat yang bakal dihadapi.

’’Thailand kan kelasnya mungkin sama kita masih jauh ya. Yang pasti Vietnam dan Filipina sih kita fokus,’’ ucapnya.

Di waktu yang singkat ini, pevoli berposisi middle blocker itu mengaku akan terus berusaha membangun chemistry antar pemain. Ya, menurutnya, waktu yang ada kurang untuk persiapan.

’’Beruntungnya kebantu karena kita habis TC Proliga. Mungkin kondisi gak begitu jauh banget,’’ paparnya.

Apalagi, daftar pemain yang ada merupakan gabungan dari beberapa klub yang tampil di Proliga. Agustin juga mengapresiasi PP PBVSI yang dari tahun ke tahun konsisten melihat kualitas pemain muda.

Tahun ini, muka-muka baru bermunculan seperti Shintia Alliva Mauludina, Myrasuci Indriani, Arneta Putri Amelian, Aulia Suci Nurfadila, dan MVP Proliga 2023 Mediol Stiovanny Yoku.

Jawa Timur menyumbang lima pemain.  Yakni Megawati Hangestri, Arneta Putri Amelian, Yulis Indahyani, Hany Budiarti dan Mediol Stiovanny Yoku.

Tiga nama pertama merupakan pemain asal klub Surabaya Bank Jatim sedangkan dua lagi dari Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

Bidang Pembinaan Prestasi Pengprov PBVSI Jatim Deddy Whinata Kardiyanto menilai performa  kelima pemain itu memang sangat bagus. Terutama saat mengikuti ajang Proliga 2023 yang berlangsung bulan Januari hingga Maret lalu.

“Tiga dari mereka mendapat gelar perorangan di Proliga 2023. Sedangkan performa Megawati dan Hany juga bagus. Keduanya masuk dalam daftar lima daftar top scorer terbaik,” kata Deddy.

Yang mengejutkan, beberapa pemain senior seperti Yolla Yuliana dan Shella Bernadetha tidak terpanggil.  Penanggung jawab timnas voli putri Indonesia Loudry Maspaitella menuturkan, yang memilih pemain merupakan tim seleksi.

Loudry menambahkan, masuknya nama Agustin hingga pemain senior lainnya macam Hany Budiarti dan Yulis Indahyani murni karena performa bagus bersama tim masing-masing di Proliga.

Pemain dan Ofisial Timnas Voli Putri SEA Games 2023 di Kamboja

No Nama                                 Asal

  1. Wilda Siti Nurfadhilah Jawa Barat
  2. Tisya Amalia Putri Jawa Barat
  3. Shintia Alliva Mauludina Jawa Barat
  4. Myrasuci Indriani Jawa Barat
  5. Ratri Wulandari Jawa Barat
  6. Agustin Wulandhari Jawa Barat
  7. Megawati Hangestri P. Jawa Timur
  8. Hany Budiarti Jawa Timur
  9. Arneta Putri Amelian Jawa Timur
  10. Mediol Stiovanny Yoku Jawa Timur
  11. Yulis Indahyani Jawa Timur
  12. Aulia Suci Nurfadila Jawa Barat
  13. Dita Azizah DKI Jaya
  14. Nandita Ayu Salsabila DKI Jaya

Susunan Pelatih Timnas Voli Putri

No Nama                                  Asal

  1. M. Alim Suseno           DKI Jaya
  2. Robbi Meliala              Jawa Barat
  3. Pedro B. Lilipaly         Jawa Timur

By admin