JawaPos.com – Bek Madura United Fachruddin Aryanto dipanggil Shin Tae-yong (STY) untuk persiapan tim nasional Indonesia melawan Burundi. Tapi, dalam pertandingan pertama melawan Burundi (25/3), mantan bek Sriwijaya FC Palembang tersebut tidak dimainkan. Dan, Fachruddin juga hampir pasti tidak main dalam pertemuan kedua Indonesia kontra Burundi malam ini di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Hal tersebut bukan tanpa sebab. Fachruddin baru saja pulih dari cedera. Dan, dia sudah lama tidak mengisi lini belakang Madura United. Musim ini, pemain 34 tahun tersebut baru bertanding sebelas kali.

’’Sebenarnya cedera saya sudah membaik. Tapi, saya sudah lama tidak bertanding. Harus beradaptasi dulu. Saya juga harus mengembalikan kondisi fisik dan feeling pertandingan,’’ ujar pesepak bola asal Klaten tersebut di lapangan luar Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, tadi malam.

Fachruddin secara personal juga sudah berdiskusi dengan STY. Dia diminta fokus untuk mengembalikan kebugarannya. ’’Apalagi, tensi pertandingan internasional sangat tinggi. Nanti, kalau sudah siap, baru saya bertanding lagi,’’ tegasnya.

Meski absen dalam dua pertandingan melawan Burundi, sebagai pemain paling senior, Fachruddin tetap memotivasi rekan-rekannya. Dia juga meminta rekan-rekannya untuk lebih fokus. Sebab, dalam pertandingan pertama, gawang Indonesia kebobolan sekali.

’’Fokus tim sempat menurun saat sudah unggul tiga gol. Semoga ke depan lebih baik lagi,’’ ungkap mantan pemain PSS Sleman tersebut.

Menurut Fachruddin, sebenarnya lini belakang timnas sudah lebih baik. Trio Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott tampil solid. ’’Kemarin sudah kerja bagus. Ke depan harus lebih bagus lagi. Harus lebih kerja keras lagi,’’ pungkasnya.

By admin