JawaPos.com – Memakai masker berkualitas dengan cara yang benar menjadi salah satu cara utama mencegah penularan virus Covid-19. Apalagi semenjak virus Covid-19 varian Delta menyerang Indonesia, dan membuat penularan virus semakin tinggi, pemerintah sudah menghimbau untuk menggunakan masker lapis 2 jika masyarakat berkegiatan di luar rumah.

Nah, teruntuk Anda yang dari dulu hanya menggunakan masker medis, lebih baik ganti masker Anda dengan masker yang bisa memberikan perlindungan ekstra dalam menangkal virus, yaitu masker N95, KN95 dan KF94. Memang, dengan menyetok masker baru, berarti pengeluaran Anda kembali meningkat. Namun, Anda bisa memanfaatkan layanan kredit online dari Kredivo, sebagai pinjaman online cepat cair dan mudah yang tepercaya dan sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK.

Pinjaman online cepat cair dan mudah dari Kredivo memiliki bunga yang rendah, hanya 0% untuk paylater dalam 30 hari dan cicilan 3 bulan, serta bunga rendah, 2,6% per bulan untuk cicilan 6 bulan dan 12 bulan. Jadi, fleksibilitas pembayaran yang Kredivo berikan, bisa membantu melancarkan cashflow Anda di tengah pandemi seperti sekarang.

Nah, Anda sudah tahu bagaimana cara mendapatkan masker yang memberikan ekstra proteksi, tanpa merusak arus keuangan Anda. Sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja perbedaan dari ketiga masker tersebut, dan juga harga masker yang beredar di pasaran.

Masker N95
Masker N95 sejatinya adalah masker bedah, sampai-sampai masker ini sudah mendapatkan sertifikat atau standardisasi sebagai masker bedah di Amerika Serikat. Masker ini terbuat dari beberapa lapisan polimer plastik polipropilen dan bahan sintetis yang dirancang khusus agar menutupi mulut dan hidung.

Masker ini mampu menyaring partikel kecil berukuran 0,3 mikro sebesar 95 persen. Untuk diketahui bahwa partikel 0,3 mikro memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan droplet atau percikan air liur saat Anda batuk, berbicara, maupun bersin.

Di tengah pandemi yang kembali naik akhir-akhir ini, masker N95 cocok untuk Anda gunakan ketika Anda ingin mengunjungi rumah sakit. Sebagaimana diketahui, hampir seluruh rumah sakit kini merawat orang-orang yang terpapar virus Covid-19. Jadi, Anda harus memiliki perlindungan yang ekstra jika berkunjung ke rumah sakit.

Anda bisa mendapatkan masker N95 di marketplace dengan menggunakan Kredivo, sebagai pinjaman online cepat cair dan mudah, dengan variasi harga mulai dari Rp350 ribu per 1 box isi 20pcs, hingga Rp800 ribu per 1 box isi 10pcs. Semua tergantung kualitas dan merk yang disuguhkan. Namun, jika Anda bukan tenaga medis, masker N95 dengan harga 200 ribu per box saja sudah cukup menangkal paparan virus Covid-19.

Masker KN95
Sejatinya, masker KN95 memiliki fungsi yang hampir sama dengan masker N95, yaitu sama-sama bisa menyaring 95% partikel kecil berukuran 0,3 mikro. Yang membedakannya adalah bila masker N95 berstandar dan bersertifikat dari Amerika Serikat, maka masker KN95 adalah masker bedah yang sudah di standarisasi dan mendapatkan sertifikat dari Cina.

Namun, dari segi desain tentu berbeda. Bentuk masker KN95 dirancang mirip tenda, sehingga ada sedikit kantong udara antara hidung dan masker. Masker ini pun relatif lebih mudah untuk bernapas dan tidak terlalu menyesakkan.

Teruntuk Anda yang masih terpaksa harus berkegiatan di tengah paparan virus Covid-19 yang semakin ganas, karena ada varian baru, yaitu jenis Delta, masker ini cocok untuk dipergunakan sehari-hari.

Dari segi harga, masker KN95 lebih murah dibandingkan masker N95. Anda bisa mendapatkan masker ini tanpa harus mengorbankan dana kebutuhan sehari-hari melalui layanan pinjaman uang online cepat cair dan mudah dari Kredivo, dengan harga mulai dari Rp50 ribu per box isi 20pcs.

Masker KF94
Masker KF94 yakni masker yang disebut mampu menyaring partikel aerosol sampai 94 persen. Istilah “KF” sendiri ialah singkatan dari “Korean Filter” atau ‘Filter Korea’, sedangkan angka 94 mengacu pada tingkat filtrasi atau penyaringan masker. Menurut standar Korea Selatan atau di negara asalnya, masker KF94 sanggup menyaring 94 persen partikel hingga ukuran 0,3 mikron.

Dari segi desain, KF94 memiliki bentuk yang melebar, seperti perahu, yang dapat menyesuaikan kontur wajah penggunanya dengan lebih luas. Sehingga masker ini terkesan lebih trendi dibandingkan masker N95 dan KN95.

Sama seperti masker masker KN95, masker KF94 juga dapat digunakan oleh masyarakat umum, khususnya ketika berada di lingkungan berisiko penularan rendah sampai sedang. Namun, jika Anda tidak memiliki masker KN95 atau masker N95 ketika ingin ke tempat yang memiliki risiko penularan cukup tinggi, cobalah double masker tersebut dengan masker medis biasa.

Masker KF94 adalah masker paling murah dibandingkan dengan masker N95 dan KN95. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp20 ribu per box isi 20pcs, Anda bisa mendapatkan dengan mudah melalui pinjaman online cepat cair dan mudah dari Kredivo, yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada, JD.ID dan 1000+ merchant offline dan online lainnya.

By admin