JawaPos.com-Rekor dunia lari gawang 400 meter putra pecah hari ini (3/8). Itu setelah pelari Norwegia Karsten Warholm menjadi yang terbaik pada Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Tokyo.

Dia meraih emas dan mengubur asa pelari Amerika Serikat Rai Benjamin untuk menjadi yang terbaik.

Bulan lalu, Warholm sukses memecahkan rekor dunia yang dipegang oleh Kevin Young yang bertahan 29 tahun. Saat itu, Warholm mencatat waktu terbaik 46,70 detik. Hari ini, di Tokyo, atlet 25 tahun itu mempertajam rekornya menjadi 45,95 detik.

Rai Benjamin yang juga tampil sangat baik, harus puas dengan medali perak dengan catatan waktu 46,17 detik. Catatan itu, setengah detik lebih cepat dari rekor lama.

Alison dos Santos dari Brasil melengkapi podium dengan meraih perunggu dengan waktu 46,72 detik. Catatan waktu ini juga lebih baik dari rekor Kevin Young yang bertahan 29 tahun yakni 46,78 detik.

“Saya selalu mengatakan bahwa berlari sempurna itu tidak ada. Tetapi, saya harus berlari secepat dan sesempurna yang saya bisa,” ucap Warholm dikutip dari AFP.

Juara dunia dua kali itu memutuskan bahwa dia harus berlari dengan sangat cepat agar bisa melakukan tekanan intens kepada rivalnya. “Saya rasanya berlari untuk hidup saya. Saya mau melakukan apa saja untuk mendapatkan emas hari ini,” tambahnya.

By admin