Lahir sejak 2019 yang hanya sebuah ekshibisi, Hamster Challenge menjadi sebuah turnamen yang dinanti oleh komunitas pencinta lari di Indonesia.

PENGGAGAS Hamster Challenge Sri Wahyuni mengatakan, perlombaan itu berbeda dari kompetisi yang lain. Sebab, para peserta harus berlari di trek lapangan.

Walau di trek yang umumnya berada di stadion jauh lebih aman dari jalan umum, tantangannya tidak kalah ”seram”. Sesuai namanya, tantangan hamster, pelari harus mengitari trek ratusan kali.

”Mereka harus mengatasi kebosanan, mempertahankan endurance (daya tahan), plus menjaga pace,” kata dia pada Sabtu (18/3).

Sri mengatakan, kegiatan tersebut telah dilakukan tiga kali. Dimulai sejak 2019 hanya ekshibisi hingga berlanjut pada 2020 menjadi challenge. Juga digelar tahun ini seusai pandemi.

Para peserta berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Pulau Jawa, Bali, hingga Sulawesi. ”Semua dari anggota komunitas running,” paparnya.

Untuk mengikuti event tersebut, ada seleksinya. Antara lain, pernah finis full marathon (FM) 42 km di bawah lima jam, bukan atlet profesional, dan pernah finis ultra run minimal 70 kilometer. ”Dari 50 peserta yang mendaftar, terpilih 30 peseta,” ungkap Sri.

Ada dua kategori yang dipertandingkan. Yaitu, FM 42 km dengan 105 lop dan 1,6 kilometer atau speed. Kategori FM 42 diikuti 23 peserta putra dan 7 putri. Untuk speed, ada 15 peserta putra dan 15 putri.

Pecahkan PB Sekaligus Menang

Hamster Challenge 2023 diselenggarakan di Stadion Jala Krida Mandala, Bumimoro, Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (18/3) Lalu.

Pemenang kategori FM pria adalah peserta dari Kabupaten Bandung dengan nomor dada 004, Sobiri Haerudin. Catatan waktunya 3 jam 5 menit 38 detik. ”Target saya dapat PB di 3 jam 10 menit. Ternyata selain pecah rekor, menang juga,” katanya.

Sobiri mengatakan, persiapannya hanya sebulan. Pria 28 tahun itu banyak melakukan running di jogging track saat siang. Simulasi tersebut dilakukan karena cuaca di Surabaya cenderung lebih panas daripada Bandung. ’’Saat ikut lomba, tantangan cuaca yang paling terasa,’’ jelasnya.

By admin