JawaPos.com – Peta persaingan chipset ponsel sejauh ini didominasi oleh MediaTek dan Qualcomm. Namun sebelumnya jangan lupa bahwa ada Huawei yang juga ikutan dalam persaingan tersebut dengan chip bikinannya yakni HiSilicon Kirin.

Sayangnya belakangan nama Huawei di industri chip redup. Cukup lama absen dari industri tersebut, Huawei dikabarkan siap kembali. Menurut rumor sebelumnya, Huawei mungkin membawa kembali prosesor Kirin.

Dilansir dari MyDrivers, Jumat (24/3), sejalan dengan klaim sebelumnya, Kirin CPU memiliki produk yang akan datang. Namun, detail chip baru ini masih dirahasiakan. Perangkat ini mungkin menggunakan nama Kirin 9100 atau Kirin 9 Gen 1 (paling tidak mungkin).

Selain itu, blogger teknologi @RODENT950 sebelumnya mem-posting pemberitahuan chip Kirin dengan nama kode KC10. Laporannya mengklaim bahwa chip ini adalah versi berulang dari Kirin 9000 yang disebut Kirin 9010. Di AnTuT, chip ini dapat mencapai 1,3 juta poin, melampaui Snapdragon 8+.

Chip itu hanyalah benda uji. Itu hanya muncul pada model teknik untuk tujuan pengujian dan validasi. Dalam hal produksi massal disebut masih tidak memungkinkan. Namun, dengan hal-hal sebagaimana adanya, tampaknya Kirin tidak akan memperkenalkan CPU kelas atas, bahkan jika itu kembali.

Huawei Enjoy 60 kelas menengah yang akan datang mungkin menggunakan prosesor HiSilicon Kirin. Chip ini memiliki kinerja yang terbilang lebih baik daripada Kirin 710F. Huawei sebelumnya meluncurkan ponsel Nova 3i yang ditenagai oleh prosesor Kirin 710 pada Juli 2018.

Proses TSMC 12 nm digunakan untuk membuat CPU 8-core Kirin 710. Kirin 710F menggunakan arsitektur 8 inti, yang terdiri dari 4 inti besar A73 dan 4 inti kecil A53. GPU Mali-G51 MP4 beroperasi pada frekuensi maksimum 2.2GHz dan diproduksi serupa menggunakan teknologi 12nm.

Menurut Huawei Mall, seri prosesor Kirin 710 mencakup Kirin 710F dan Kirin 710. Keduanya konsisten dalam hal parameter fungsional.

Hal ini berbeda dengan perbedaan antara Kirin 710F dan 710 yang lebih dicemaskan netizen akibat penggunaan proses pengemasan ganda dalam produksi dan F ini mungkin singkatan dari flip-chip chip-scale packaging, juga dikenal sebagai FCCSP (Flip Chip Chip Scale Package).

Sementara terkait sejarah, chip Huawei Kirin dimulai pada tahun 2012 dengan dirilisnya chip seri K3. Ini adalah chip pertama yang dikembangkan sendiri oleh Huawei untuk perangkat seluler. K3 digunakan di ponsel andalan perusahaan, Huawei Ascend D Quad.

Pada 2013, chip Kirin 910 diluncurkan. Chip ini untuk ponsel kelas menengah saat itu. Kirin 920, chip 2014 mengikuti dengan cermat. Ini adalah chip octa-core 64-bit pertama Huawei. Huawei Ascend Mate 7, ponsel andalan saat itu adalah yang pertama menggunakan chip ini.

Pada 2015, Kirin 950 menghentak publik dengan Huawei Mate 8. Chip ini juga yang pertama menggunakan CPU ARM Cortex-A72 dan GPU Mali-T880. Pada tahun 2016, Huawei merilis Kirin 960 yang digunakan pada ponsel Huawei Mate 9. Chip ini adalah yang pertama menggunakan GPU ARM Mali-G71, yang memberikan peningkatan performa grafis yang signifikan.

Kirin 970 diluncurkan pada tahun 2017 dan ponsel Huawei Mate 10 adalah yang pertama menggunakan SoC ini. Prosesor ini adalah yang pertama menggunakan unit pemrosesan khusus AI dan meningkatkan kemampuan pemrosesan AI. Kirin 980 adalah SoC andalan lainnya yang diluncurkan pada tahun 2018.

Huawei Mate 20 adalah ponsel pertama yang menggunakan chip ini. Ini juga merupakan SoC pertama yang menggunakan proses manufaktur 7nm. Pada 2019, Huawei merilis Kirin 990 yang digunakan pada smartphone Huawei Mate 30.

Prosesor ini adalah yang pertama mengintegrasikan kemampuan 5G, yang memberikan peningkatan signifikan dalam konektivitas jaringan. Pada tahun 2020, perusahaan merilis chip besar terakhirnya, Kirin 9000 yang merupakan SoC andalan.

Terlepas dari kemajuan teknologinya, prosesor Huawei Kirin menghadapi tantangan dalam beberapa tahun terakhir karena pembatasan perdagangan Amerika Serikat yang membatasi akses perusahaan ke komponen dan teknologi utama. Hal ini mengakibatkan terbatasnya produksi dan ketersediaan smartphone Huawei yang menggunakan prosesor Kirin.

By admin