JawaPos.com–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan, banjir yang terjadi sejak Rabu (22/3) malam hingga Kamis (23/3) pagi, telah menerjang tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung.

Pranata Hubungan Masyarakat BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat Hardjasasmita mengatakan, tujuh kecamatan yang diterjang banjir adalah Kecamatan Soreang, Kutawaringin, Bojongsoang, Ibun, Pameungpeuk, Majalaya, dan Kecamatan Baleendah.

”Untuk penyebab banjir adalah meluapnya air Sungai Ciwidey di beberapa titik,” kata Hadi Rahmat Hardjasasmita seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, banjir membuat dua unit rumah rusak berat dan dua unit rumah rusak sedang di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Sementara itu, ruas jalan di Kecamatan Bojongsoang, Ibun, Pameungpeuk, Majalaya, dan Kecamatan Baleendah, terendam dengan ketinggian mulai 10 hingga 70 cm.

”Pada siang menuju sore hari, banjir di sejumlah titik terpantau sudah mulai surut,” sebut Hadi Rahmat Hardjasasmita.

Tak hanya banjir, lanjut dia, longsor juga terjadi di wilayah Kabupaten Bandung. Longsor itu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Rabu (22/3) malam sampai Kamis (23/3).

”Sungai Citarum dan beberapa anak sungai meluap di wilayah Kabupaten Bandung, hingga menyebabkan banjir, longsor, dan rumah roboh,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska. Longsor terjadi di Kecamatan Kertasari, Kutawaringin, Baleendah, Soreang, Cimaung, Kutawaringin, Pacet, dan Kecamatan Ciwidey.

Sebanyak 20 jiwa terdampak atas kejadian longsor tersebut, dengan rincian dua kepala keluarga (KK) dengan 10 jiwa di Desa Resmitinggal, Kecamatan Kertasari; satu KK dengan lima jiwa di Desa Buninagara, Kecamatan Kutawaringin; dan satu KK di Desa Jelekong, Kecamatan Baleendah.

Saat ini, BPBD Provinsi Jawa Barat terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung. BPBD Kabupaten Bandung tengah melakukan pemantauan atas longsor tersebut.

”Untuk situasi mulai kondusif dengan material longsoran terus dilakukan pembersihan,” tutur Uka Suska.

BPBD mengimbau masyarakat waspada atas berbagai kemungkinan yang terjadi mengingat cuaca di Bandung dan sekitarnya yang masih berpotensi turun hujan dengan cukup deras.

”Kami minta masyarakat tetap waspada karena Sungai Citarum terpantau ada di level awas. Dan kondisi cuaca juga mendung,” ucap Uka Suska.

By admin