JawaPos.com – Honda benar-benar bergerak cepat untuk segera menemukan solusi atas buruknya performa mereka tiga tahun terakhir.

Seperti diberitakan sebelumnya, Honda telah memercayakan pembuatan chassis baru untuk RC213V kepada Kalex.

Itu merupakan peningkatan kerjasama kedua pihak setelah pertengahan tahun lalu, Kalex telah membuat lengan ayun khusus untuk Honda.

Pada awalnya, Kalex menyebut proses pembuatan chassis bakal memakan waktu lama sebelum bisa diuji coba. Lebih lama dibandingkan merancang lengan ayun.

Mereka mencontohkan, pembuatan chassis untuk motor Moto2 membutuhkan setidaknya tujuh bulan sebelum bisa dites.

Kalex sendiri dilaporkan menurunkan intensitas produksi chassis untuk motor Moto2 agar fokus menggarap pesanan Honda.

Nah, ternyata kabar terakhir menyebutkan bahwa chassis untuk Honda bisa tersedia lebih cepat. Motorsport mengabarkan, chassis tersebut sudah bisa diuji coba April mendatang.

Tepatnya, pada tes privat di Sirkuit Jerez pada 4-6 April. Tes tersebut akan langsung diawasi oleh Kepala Mekanik Ramon Aurin dan Direktur Teknik Honda yang baru Ken Kawauchi (ex Suzuki).

Pada tes privat tersebut pembalap uji Stefan Bradl yang akan menjajal chassis tersebut untuk kali pertama.

Jika hasilnya positif, rangka motor tersebut akan langsung diterbangkan ke Austin, Amerika Serikat, untuk bisa digunakan langsung pada GP AS pada 14-16 April.

Pada tes privat tersebut, bukan hanya Honda yang berpartisipasi. Tapi juga Yamaha, KTM, dan Aprilia.

Repsol Honda tak lagi memenangi satupun balapan sepanjang dua musim terakhir.

Setelah menjajal motor baru 2023 di tes pramusim Sepang dan Portimao, Marc Marquez masih mengeluhkan lemahnya performa RC213V. Dia menyebut motor tersebut hanya bisa bertarung untuk posisi 5-10.

Jauh dari podium, apalagi juara,

By admin