JawaPos.com – Berbuka puasa saat Ramadan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Tak heran jika menu berbuka puasa yang disajikan biasanya berisi kuliner khas Ramadan. Makanan yang tak hanya mengenyangkan tapi juga menghilangkan dahada setelah sehari berpuasa.

Menu khas berbuka puasa saat Ramadan memang mudah ditemukan di mana saja. Namun, tak ada salahnya jika Anda mencoba membuat menu berbuka puasa sendiri di rumah.

Seperti es pisang ijo yang pas untuk melepaskan dahaga serta ketan bintul yang bisa disajikan sebagai hidangan pembuka. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Ketan Bintul

Dilansir dari ANTARA, Kamis (23/3), Ketan bintul merupakan makanan khas Banten. Ketan bintul memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih berkat taburan bumbu serundeng di atasnya.

Cara membuat ketan bintul cukup mudah, Pertama, kukus ketan yang telah direndam semalaman selama 20 menit. Kemudian, masak santan dengan garam dan pandan. Setelah itu, campurkan dengan ketan.

Kukus kembali ketan selama 20 menit, lalu tumpuk hingga lembut dan bentuk ketan sesuai selera. Setelah itu, sajikan dengan taburan serundeng kelapa.

Es Pisang Ijo

Selain es timun suri dan kelapa, es pisang ijo juga kerap menjadi favorit saat buka puasa. Es pisang ijo sendiri merupakan hidangan khas Makassar, Sulawesi Selatan.

Cara membuat es pisang ijo, pertama campurkan tepung beras, garam, air daun suji, dan pewarna hijau. Lalu didihkan di api kecil sambil diaduk hingga rata. Kemudian masukkan tepung sagu, aduk hingga kalis. Balut pisang dengan adonan lalu rebus hingga mengapung. Terakhir, kukus pisang yang sudah mengapung selama sekitar 20 menit.

Jangan lupa siapkan sausnya. Caranya, tepung terigu, gula pasir, daun pandan, dan garam dididihkan hingga kental. Untuk penyajiannya, potong-potong pisang.  Sajikan dengan sirup, susu kental manis, es serut, dan saus.

By admin