JawaPos.com – PSSI akan segera melakukan komunikasi dengan Persija Jakarta. Otoritas sepak bola tertinggi di Tanah Air itu bakal melakukannya seiring keluhan Macan Kemayoran, di mana banyak pemain mereka dipanggil memperkuat tim nasional.

“Kami akan komunikasikan,” ucap Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, walau PSSI belum memberikan tenggat pasti kapan bakal melakukannya.

Persija sempat mengeluh setelah menerima dua surat dan satu pembicaraan secara lisan mengenai pemanggilan pemain Macan Kemayoran ke timnas segala level usia.

Surat pertama berisikan pemanggilan enam pemain ke timnas Indonesia senior menjalani FIFA matchday kontra Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

Keenam pemain Persija itu adalah Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, Riko Simanjuntak, Dony Tri Pamungkas, dan Muhammad Ferarri. Pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia senior mulai berlangsung pada 20 sampai 29 Maret 2023.

Kemudian surat kedua, memanggil delapan pemain Persija ke timnas U-20. Dua nama di antaranya adalah Muhammad Ferarri dan Dony Tri Pamungkas.

Untuk enam nama lagi, yaitu Cahya Supriadi, Resa Aditya Nugraha, Achmad Maulana, Frengky Missa, Alfriyanto Nico, dan Ginanjar Wahyu.

Timnas U-20 rencananya akan kembali memulai TC pada 20 Maret hingga 1 April 2023 di Jakarta. Mereka kemudian melanjutkan program TC di Korea Selatan pada 2 sampai 20 April mendatang.

Mereka sengaja fokus menjalani itu sebagai bagian dari proses persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2023. Berdasarkan rencana, Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Lalu, yang ketiga sudah ada pembicaraan secara lisan mengenai pemanggilan tiga pemain yang diproyeksikan memperkuat timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Namun, belum diketahui secara pasti tiga nama tersebut.

SEA Games 2023 sendiri berlangsung pada 5 hingga 17 Mei 2023. Untuk cabang olahraga sepak bola mulai bergulir per 28 April 2023.

“Kami sudah menerima dua surat dan juga ada satu komunikasi lisan,” ucap Wakil Presiden Persija Jakarta, Ganesha Putera. “Di mana surat yang pertama akan memanggil enam pemain kita ke timnas senior dari tanggal 20-29 Maret 2023.”

“Kemudian surat yang kedua memanggil enam pemain plus dua yang ada di timnas senior jadi delapan untuk mengikuti TC U-20 dari tanggal 20 Maret sampai dengan berakhirnya Piala Dunia U-20,” sambung Ganesha Putera.

By admin