JawaPos.com – Sejumlah kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tergabung dalam Yayasan Waqaf Qur’an Indonesia (YWQI) membagikan 10 ribu mushaf Alquran. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peringatan menjelang Ramadan.

Ketua YWQI Achmad Baidowi mengatakan, sejak didirikan sekitar 6 tahun yang lalu, YWQI setiap tahunnya selalu mendistribusikan 10 ribu mushaf Alquran melalui program yang Gerakan Waqaf Qur’an Indonesia atau GNWQ.

“Titik utama penyaluran kami adalah ke wilayah Indonesia timur dan wilayah minoritas muslim, karena kaum muslim disana sangat membutuhkan mushaf Alquran,” kata pria yang akrab disapa Awiek ini, Sabtu (18/3).

Awiek mengatakan, setiap tahun kebutuhan Alquran di Indonesia sangat besar. Kemudian lebih banyak muslim yang membutuhkan Alquran dibandingkan yang mewaqafkan.

“Sedangkan target YWQI adalah setiap masjid dan musala 10 mushaf, setiap muslim 1 mushaf. Namun, kami terus berusaha sebisa mungkin Istiqomah untuk menyalurkan Alquran setiap tahunnya,” jelasnya..

Sementara itu, Ketua Dewan Penasihat YWQI Arsul Sani menjelaskan, YWQI menggelar kegiatan waqaf Alquran karena ketimpangan antara ketersediaan dengan kebutuhan muslim tergadap Alquran.

“Setiap tahun pemerintah hanya bisa mencetak 300 sampai 350 ribu mushaf, sementara kebutuhan muslim yaitu 1 sampai 1,1 juta mushaf. Sehingga masih ada jarak besar kemampuan pemerintah dengan kebutuhan Quran, karena umat Islam ini terus bertambah,” ucap Arsul.

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan, sebelum Covid-19 YWQI sudah menyalurkan 100.000 mushaf Alquran, terutama di Papua dan NTT yang memang tidak mudah mendapatkan mushaf Alquran.

“Itulah kenapa target titik penyaluran YWQI ini terutama di provinisi yang minoritas muslimnya, seperti Bali, Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara dan Maluku,” tandasnya.

By admin