JawaPos.com – Anggota Komisi I DPR RI Slamet Aryadi mendukung langkah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang melakukan latihan mitigasi bencana bersama Tentera Darat Diraja Brunei (TDDB). Hal ini penting, untuk memperkuat pertahanan di ASEAN.

“DPR menyambut baik kegiatan KSAD di Brunei Darussalam, itu sangat positif dan bernilai strategis untuk Indonesia,” kata Slamet kepada wartawan, Kamis (15/3).

Slamet menjelaskan, peran TNI AD dalam urusan kebencanaan sangat penting bagi masyarakat. Mengingat, TNI AD memiliki teritorial pada setiap daerah.

“Kita sangat mendukung konsep diplomasi itu, karena itu positif untuk pertahanan Indonesia,” papar Slamet.

Menurut Slamet, latihan bersama TNI AD dan Tentara Angkatan Darat Brunei Darussalam tidak perlu meminta persetujuan Komisi I DPR. Sebab, hal itu merupakan kewewenangan masing-masing pimpinan kesatuan, termasuk TNI AD.

Slamet menyampaikan, rakyat akan menyaksikan kelihaian masing-masing tentara kedua negara ketika latihan bersama itu berlangsung. Karenanya, semua pihak harus mendukung latihan bersama dalam bidang penanggulangan bencana kedua negara ini.

“Karena itu baik untuk Indonesia dan ASEAN. Itu meningkatkan sinergisitas, meningkatkan mitra, meningkatkan komunikasi yang baik. Bahwa Indonesia menjadi leading sektor di ASEAN,” ujar politikus PAN itu.

Sebagaimana diketahui, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke ke Brunei Darussalam. Hal ini untuk memperkuat pertahanan, khususnya pada bidang penanggulangan bencana.

By admin