JawaPos.com – Persija Jakarta masih berada di jalur perebutan gelar juara. Mereka menempati posisi ketiga dengan 51 poin. Namun, Persik Kediri bisa meredam laju Macan Kemayoran di Stadion Brawijaya, Kediri, sore nanti (live Indosiar pukul 15.00 WIB).

Sebab, tuan rumah sedang on fire. Persik baru saja mencatatkan quat-trick kemenangan. Termasuk menggasak 2-0 kandidat juara lainnya, Persib Bandung (8/3). Sebaliknya, Persija berada dalam tren negatif. Mereka belum pernah menang dalam dua laga pemungkas. Menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang.

Persik tentu ingin memanfaatkan momentum tersebut. Mereka ingin mencatatkan lima kemenangan beruntun. ”Kami ingin memberikan yang terbaik untuk suporter,” kata pelatih Persik Divaldo Alves. Kemenangan Persik akan membuat posisinya makin naik.

Saat ini saja Macan Putih sudah meninggalkan zona degradasi. Empat kemenangan beruntun membuat mereka berada di posisi ke-15 dengan 29 poin. Divaldo belum puas jika hanya finis satu setrip di atas zona merah. ”Kami punya Rohit Chand, Vava Mario Yagalo, dan Renan Silva yang pernah bermain di Persija. Mereka sudah memberikan masukan kepada saya,” jelas pelatih asal Portugal tersebut.

Jika menang, hasil itu bakal membuat persaingan juara mengerucut. PSM Makassar dan Persib yang masih bisa bersaing. Sebab, jika keok, Persija tertinggal 13 poin dari PSM yang berada di puncak. Dengan sisa lima laga, Juku Eja hanya butuh satu kemenangan untuk mematahkan kans juara Macan Kemayoran.

Pelatih Persija Thomas Doll pun memilih realistis. Dia melihat banyak faktor yang membuat kans timnya meraih juara kian menipis. ”Kalau Liga 1 nggak distop pada Oktober tahun lalu, mungkin saat ini kami bersaing di atas dengan PSM. Selain itu, kami tidak pernah bisa memakai pemain asing dengan lengkap musim ini,” keluh pelatih asal Jerman tersebut.

Di laga nanti saja, Persija kehilangan tiga pemain asing. Hanno Behrens dan Abdulla Yusuf Helal absen karena cedera. Keduanya kini menjalani penyembuhan di negara masing-masing. Sementara, striker Michael Krmencik mengalami cedera seusia laga kontra Madura United (26/2). ”Kondisi itu membuat kami tidak pernah bisa menurunkan starting eleven yang sama di setiap laga,” beber Doll.

Untungnya, bek Ondrej Kudela sudah siap tampil. ”Walaupun sempat cedera, saya yakin Kudela bisa tampil dengan stabil,” ujar Doll.

Kondisi itu membuat Doll tidak berani bicara banyak. Apalagi, persiapan timnya sangat minim. ”Kami hanya berlatih di Jakarta selama satu hari. Tapi, kami tetap berharap bisa memenangi pertandingan,” tandasnya.

PERKIRAAN PEMAIN

Persik (4-2-3-1): 96-Kartika Ajie (gk); 37-Agil Munawar, 2-Anderson do Nascimento, 16-Hamra Hehanusa, 7-Yusuf Meilana (c); 6-Bayu Otto, 32-Rohit Chand; 17-Ferinando Pahabol, 10-Renan Silva, 22-Riyatno Abiyoso; 9-Flavio Silva

Pelatih: Divaldo Alves

Persija (3-4-3): 26-Andritany Ardhiyasa (gk) (c); 56-Maman Abdurrahman, 17-Ondrej Kudela, 23-Hansamu Yama; 2-Rio Fahmi, 8-Syahrian Abimanyu, 19-Hanif Sjahbandi, 11-Firza Andika; 25-Riko Simanjuntak, 99-Aji Kusuma, 78-Witan Sualeman

Pelatih: Thomas Doll

Venue: Stadion Brawijaya, Kediri

Live: Indosiar pukul 15.00 WIB

HASIL KEMARIN (11/3)

Madura United vs PSS Sleman | 2-1

(Hugo Gomes 34’, Alberto Goncalves 38’/Riki Dwi 70’)

Bhayangkara FC vs Bali United | 3-1

(Sani Rizki Fauzi 9’, Dendy Sulistyawan 62’, Alex Martins 90)/Privat Mbarga 45+1’)

By admin