JawaPos.com – YouTube telah menjadi hal mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Bisa membuat orang menonton dan menikmati berbagai macam jenis video mulai dari musik hingga berita, dokumenter, bahkan film.

Namun, salah satu kelemahan utama platform ini adalah harus berlangganan YouTube Premium untuk menikmati pemutaran di latar belakang, yang memungkinkan pengguna terus menonton video sambil menggunakan aplikasi lain atau dengan ponsel terkunci.

Ada beberapa cara untuk memutar YouTube di latar belakang secara gratis di Android. Dilansir dari Andro4all, salah satu caranya adalah dengan menggunakan browser web yang mendukung mode Picture-in-Picture (PiP) Android. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat konten di tab kecil sementara aplikasi lain terbuka.

Beberapa browser web dapat memutar YouTube di latar belakang. Penasaran browser apa saja? Simak berikut ini.

Vivaldi

Browser pertama dalam daftar adalah Vivaldi. Ini adalah browser gratis yang memutar audio YouTube di latar belakang dan berfungsi dengan sangat baik. Selain memungkinkan pengguna untuk mendengarkan konten.

Saat menggunakan aplikasi lain, pengguna juga dapat melanjutkan mendengarkan dengan layar mati. Untuk menggunakan Vivaldi untuk tujuan ini, pengguna perlu mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store. Dan ubah pengaturan browser untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar.

Langkah-langkah yang harus diikuti termasuk mengetuk pengelola tab di pojok kanan bawah, mengetuk tombol tiga titik di kanan atas, masuk ke “Pengaturan”, centang kotak “Tetap di browser” dan “Izinkan pemutaran audio latar belakang”, dan akhirnya mengetuk “Mulai ulang sekarang”.

Setelah browser dimulai ulang, pengguna dapat masuk ke versi web YouTube untuk melihat konten di latar belakang. Ini sangat berguna jika pengguna menggunakan layanan Google untuk mendengarkan musik karena akan menghemat masa pakai baterai.

Firefox

Peramban kedua dalam daftar adalah Mozilla Firefox, peramban web populer untuk Android yang terkenal dengan keamanan pengguna dan perlindungan privasinya yang luar biasa. Untungnya namun tak banyak yang tahu, Firefox memungkinkan pengguna menonton video YouTube di tab kecil sambil menggunakan aplikasi lain secara gratis.

Untuk menggunakan Firefox untuk tujuan ini, pengguna perlu mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan mencari video di versi web platform. Setelah pengguna menemukan videonya, letakkan di layar penuh dan tekan tombol “Berpengguna” untuk membuka layar berpengguna.

Video akan tetap berada di jendela kecil itu saat pengguna melakukan hal lain. Jika pengguna ingin melangkah lebih jauh dan memutar YouTube saat terkunci, pengguna harus memasang ekstensi Video Background Play Fix, yang juga berfungsi dengan Vimeo. Ekstensi ini memerlukan izin untuk mengakses data penjelajahan dari kedua layanan tersebut. Tapi itu akan mencapai tujuannya tanpa masalah.

Opera

Browser ketiga dalam daftar adalah Opera, browser yang cepat dan aman dengan VPN terintegrasi. Seperti Firefox, Opera memungkinkan pengguna memutar YouTube di latar belakang secara gratis, tetapi dengan sedikit perbedaan.

Dalam hal ini, pengguna harus membuka browser dan masuk ke YouTube untuk mencari video yang ingin pengguna tonton. Setelah diputar, pengguna hanya perlu meminimalkan Opera agar konten terus diputar. Tapi di jendela kecil di pojok kanan bawah layar, sayangnya pemutaran Opera di YouTube tidak berfungsi jika kita mengunci perangkat.

By admin