VIDEO hoax terkait dengan kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, masih banyak dijumpai di media sosial. Termasuk di TikTok. Salah satu akun mengunggah video penanganan kebakaran besar yang dinarasikan terjadi di Plumpang.

”Detik2 kebakaran Pertamina Plumpang #plumpang #jakarta #kebakaran,” tulis akun TikTok Story’s. Dalam video itu juga tertera tulisan Kebakaran Pertamina Plumpang (s.id/DiPlumpang). Rekaman amatir tersebut memperlihatkan penanganan kobaran api besar. Asap hitam pekat membubung tinggi. Tampak pula pada video itu helikopter terbang dan menjatuhkan sesuatu ke dalam kobaran api.

Yang janggal dari video kebakaran tersebut adalah insiden itu terjadi saat hari masih terang. Mobil pemadam kebakaran dan petugas terlihat jelas dalam video tersebut.

Terlihat jelas pula tulisan FHN di pintu depan sebelah kanan mobil pemadam kebakaran. Begitu pula langitnya yang belum gelap. Sebaliknya, kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, terjadi pada Jumat (3/3) sekitar pukul 20.20 WIB.

Saat dicek, rupanya FHN merupakan singkatan dari Fövqelade Hallar Nazirliyi atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Kementerian Situasi Darurat Republik Azerbaijan. Penelusuran lain, video yang mirip unggahan di TikTok itu dimuat situs newsflare.com pada 10 November 2021.

Menurut keterangan dalam situs tersebut, kebakaran terjadi di Taman Industri Azersun di permukiman Haji Zeynalabdin di Sumqayit, Azerbaijan. Anda dapat melihat situasi mirip dan ada helikopter yang menyiram air dari udara pada detik ke-32 di s.id/DiAzerbaijan.

Sementara itu, perkembangan terkini mengenai kebakaran di Depo Plumpang, Jakarta Utara, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa Komisi VII DPR akan memanggil Pertamina untuk mengevaluasi insiden kebakaran tersebut.

”Dalam rangka evaluasi-evaluasi itu, komisi VII akan mendengar atau memanggil mitranya, yaitu Pertamina, untuk kemudian mendengarkan bagaimana keadaan yang sesungguhnya,” katanya. Anda dapat membaca ulasan jawapos.com di s.id/PanggilPertamina.

FAKTA

Video kebakaran hebat unggahan akun TikTok Story’s tidak terjadi di Indonesia. Diduga, video itu diambil

di Azerbaijan pada 2021.

By admin