JawaPos.com – Pembangunan tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro) seksi IV telah memasuki tahap akhir. Ruas tol sepanjang 12,3 kilometer itu segera memasuki tahap pengujian. Jika semua tahap itu tuntas, target pengoperasian ruas tol tersebut untuk arus mudik-balik Lebaran pada April mendatang diperkirakan bisa terealisasi.

Manajer Pelaksana PT Trans-Jawa Paspro Vippi Hadiyanto menjelaskan, sebelum tol dibuka, ada serangkaian proses pengujian. ’’Selain uji laik fungsi, akan ada laik operasi. Itu dilakukan untuk memastikan keamanan jalan,’’ katanya.

Saat ini tahap konstruksi tol Paspro memasuki tahap akhir. Progres report-nya sudah di atas 90 persen. Tinggal menuntaskan sejumlah fasilitas penunjang seperti sarana utilitas dan pemasangan perangkat di gerbang tol.

Sesuai rencana, tol tersebut bakal dibuka pada masa arus mudik-balik Lebaran mendatang. Tujuannya, memecah kemacetan yang berpotensi terjadi di jalur arteri Surabaya–Banyuwangi.

Hanya, pengoperasian tol Paspro seksi IV masih bersifat fungsional. Alias hanya dibuka saat masa libur Lebaran. ’’Karena masih menunggu penetapan tarif tol oleh pemerintah,’’ imbuhnya.

By admin