JawaPos.com – Kapal Cepat Rudal (KCR) Panah-626 sukses melalui pengujian performa kapal. Uji persenjataan, misalnya. Pengujian diawali dengan uji blast kekuatan fondasi. Tujuannya adalah menginspeksi performa ship unit dan own unit serta kelengkapan senjatanya.

Kemudian, dilakukan uji tembak sasaran udara dengan melibatkan pesawat tanpa awak dan dilanjutkan dengan live fairing test (LFT). LFT bertujuan mendemonstrasikan kemampuan dari combat management system (CMS) dan software C-fire control system, dilengkapi dengan meriam Bofors 57mm Mk3 pada KCR ke-6.

’’Prosedur tes ini berfokus pada skenario demo kemampuan penembakan meriam utama pada combat system kapal. Di mana akan menunjukkan proses penembakan surface target,’’ jelas Direktur Produksi PT PAL Indonesia Iqbal Fikri.

LFT sukses dilaksanakan dengan kontrol terintegrasi pada sistem pusat informasi tempur yang sudah terinstal pada KCR. Dengan tes tersebut, KCR dinyatakan sukses dan memenuhi persyaratan yang diberikan dalam melakukan penembakan permukaan dengan surface target yang telah disiapkan.

Menurut Iqbal, kepercayaan penuh pemerintah kepada PT PAL Indonesia untuk menjadi lead integrator tidak hanya diwujudkan dalam pembangunan kapal secara platform. Namun juga memberikan kepercayaan penuh untuk melakukan instalasi dan integrasi sistem senjata pada kapal jenis KCR 60M.

’’Ke depan, tantangan dan kepercayaan pemerintah inilah yang akan menjadi modal PT PAL dalam menjalankan amanah proyek refurbishment kapal perang. Pembangunan kapal kombatan kelas berat dan berteknologi tinggi seperti jenis frigate yang sedang dibangun di PT PAL,’’ pungkasnya.

By admin